KPU

5 Dampak Anemia Defisiensi Zat Besi pada Anak, Bisa Bikin Anak Lambat Berkembang

5 Dampak Anemia Defisiensi Zat Besi pada Anak, Bisa Bikin Anak Lambat Berkembang

5 dampak anemia defisiensi zat besi pada anak, bisa bikin anak lambat berkembang--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tidak hanya menurunkan kemampuan belajar anak, kondisi ini juga dapat menyebabkan menurunnya tingkat konsentrasi dan juga kemampuan memori anak. 

3. Fungsi Motorik Menurun

Dampak lainnya yang dapat terjadi adalah anak yang merasa lemas dan lelah sepanjang waktu sehingga dia tidak memiliki motivasi untuk dapat bermain dan bergerak secara aktif. 

BACA JUGA:Jeruk Nipis Punya 6 Manfaat Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Oleh sebab itu, jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka kemampuan motorik mereka juga tidak akan berkembang dengan baik dan bahkan di bawah rata-rata. 

Hal ini terjadi lantaran proses penerimaan sinyal di dalam otak dan pengiriman reaksi kepada otot tubuh berjalan lambat. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Anemia pada Anak, Berikan Suplemen hingga Lakukan Transfusi Darah

4. Anak Mudah Rewel dan Sulit Bersosialisasi

Karena anemia defisiensi zat besi membuat anak cenderung merasa lemas dan tidak berenergi, maka hal ini dapat membuat suasana hati anak menjadi buruk. 

Kondisi ini biasanya menyebabkan anak cenderung rewel dan kesulitan untuk bermain dengan teman sebaya mereka sehingga di saat bersamaan, kemampuan bersosialiasi mereka juga akan memburuk. 

BACA JUGA:Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

5. Kualitas Tidur Buruk

Defisiensi zat besi ini juga dapat menyebabkan kualitas tidur anak memburuk. Jika anak sampai kekurangan waktu tidur, hal ini dapat menyebabkan tumbuh kembang anak tidak optimal. 

Hal ini lantaran selama tidur biasanya tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan yang berperan untuk meningkatkan ukuran dan volume otak. 

Selain itu, dapat juga memelihara fungsi jantung dan otak, serta menjaga kesehatan otot dan tulang termasuk memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: