KPU

Mengenal Jeruk Kalamansi yang Jadi Komoditas Bengkulu, Ini Ciri dan Kandungannya

Mengenal Jeruk Kalamansi yang Jadi Komoditas Bengkulu, Ini Ciri dan Kandungannya

Mengenal jeruk kalamansi yang jadi komoditas bengkulu, ini ciri dan kandungannya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ciri-ciri jeruk kalamansi yang membedakannya dengan jeruk lain adalah buahnya yang berukuran kecil. Buah ini juga dikenal dengan nama jeruk kasturi dan menjadi salah satu komoditas andalan Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Bisa Bantu Perawatan Kulit, Ini 6 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kecantikan

Jeruk kalamansi yang memiliki nama latin citrus x microcarpa ini merupakan buah jeruk berukuran kecil yang berasal dari Asia Tenggara dan memiliki nama yang berbeda di wilayah yang berbeda. 

Selain populer karena rasanya yang unik, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah jeruk ini juga sangat melimpah sehingga tentunya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Tumbuh Subur di Bengkulu, Ini 5 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kesehatan

Jeruk kalamansi sendiri berasal dari kawasan Asia Tenggara dan menyebar ke berbagai negara termasuk Filipina, Malaysia dan juga Indonesia dan merupakan persilangan antara jeruk keprok dan kumquat. 

Jeruk kalamansi ini merupakan salah satu varietas jeruk nipis dari Bengkulu dan dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumah. 

BACA JUGA:6 Minuman Olahan Jeruk Ini Wajib Dicoba, Segar dan Bikin Nikmat, Cek Resep di Sini

Hal ini karena jeruk kalamansi memiliki batang yang kecil dengan banyak cabang dan buahnya berukuran kecil 13,5 – 25 g/buah dengan bentuk buah bulat gepeng dan rasa dari jeruk ini asam menyegarkan.

Buah jeruk yang belum matang berwarna hijau dan yang telah matang berwarna kekuningan sementara di dataran tinggi biasanya berwarna oranye setelah matang. 

BACA JUGA:9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Cegah Batu Ginjal

Tidak hanya itu, jeruk ini juga mengandung banyak air dan memiliki aroma yang khas sehingga seringkali digunakan sebagai minuman atau bahkan sebagai penyedap makanan yang berbau amis. 

Selain ciri di atas, ciri lainnya dari buah jeruk kalamansi ini seperti yang dilansir dari laman gemapos.id antara lain adalah sebagai berikut. 

BACA JUGA:Ampuh Samarkan Flek Hitam, Ini 8 Manfaat Lain Jeruk Nipis untuk Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: