dempo

Anak Kecanduan Game Online? Coba Atasi dengan 6 Cara Mudah Ini, Harus Punya Komitmen

Anak Kecanduan Game Online? Coba Atasi dengan 6 Cara Mudah Ini, Harus Punya Komitmen

Ilustrasi. Cara mengatasi anak kecanduan game online --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mencari cara mengatasi anak kecanduan game online mungkin merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan oleh para orang tua

BACA JUGA:5 Cara Cegah Anak Kecanduan Game Online, Peran Orang Tua yang Utama

Orang tua perlu menghadapi tantangan yang berarti dalam mendidik anak termasuk masalah kecanduan game online yang saat ini menjadi permasalahan yang semakin marak terjadi. 

Hal ini tidak terlepas dari kemajua teknologi dan semua yang serba digital hingga anak pun terbiasa bermain game di gadget selama berjam-jam. 

BACA JUGA:5 Penyebab Anak Kecanduan Game Online, Salah Satunya Kesalahan Pola Asuh Orang Tua

Bermain game online ini mungkin menjadi sarana untuk mengisi waktu luang bagi anak, hal ini juga sejatinya memiliki dampak positif seperti untuk mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. 

Namun game ini dapat menyebabkan kecanduan terutama jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu panjang dan tanpa adanya pengawasan dari orang tua. 

BACA JUGA:Awas! Ini 5 Bahaya Anak Kecanduan Game Online, Bisa Sebabkan Perubahan Mood hingga Insomnia

Kecanduan game online sendiri merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan untuk bermain game sehingga berdampak negatif pada banyak aspek kehidupan seseorang. 

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga memiliki pola yang mirip seperti gangguan perjudian yang menganggap jika kemenangan menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. 

BACA JUGA:5 Tanda Anak Kecanduan Game Online yang Perlu Diwaspadai, Terobsesi hingga Isolasi Diri

Jika seharusnya game online dimainkan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, namun saat ini game online seolah menjadi kebutuhan terutama bagi anak-anak. 

Selain itu, jenis kecanduan yang terjadi akibat game online ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis seperti gangguan kecemasan dan juga depresi apabila terus dibiarkan begitu saja. 

BACA JUGA:6 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online pada Anak, Peran Orang Tua Dibutuhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: