KPU

Melembapkan hingga Samarkan Noda Hitam, Ini 8 Manfaat Masker Mentimun yang Sayang Dilewatkan

Melembapkan hingga Samarkan Noda Hitam, Ini 8 Manfaat Masker Mentimun yang Sayang Dilewatkan

Ilustrasi. Manfaat masker timun yang sayang dilewatkan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut manfaat masker mentimun untuk wajah aja di antaranya samarkan noda hitam dan melembapkan, yuk simak ulasannya di sini.

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat diolah menjadi produk kecantikan yang bermanfaat untuk wajah.

Salah satu produk kecantikan yang dapat dibuat dari mentimun adalah masker wajah. Menggunakan masker wajah dari mentimun secara rutin dipercaya akan membuat wajah tampak lebih sehat, glowing, dan awet muda.

Hal tersebut karena masker mentimun mengandungan banyak vitamin yang bisa memberikan nutrisi pada kulit wajah mulai dari melembapkan, bikin cerah, atasi noda hitam, jerawat, hingga atasi kulit terbakar.

BACA JUGA:Ternyata Masker Kopi Ampuh Kurangi Peradangan Kulit, Cek 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Wajah di Sini

Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan yang terdapat di dalam masker mentimun itu sendiri. Adapun kandungan yang dimaksud adalah vitamin C, zat besi, serat, air, dan banyak sifat antioksidan lain.

Diketahui, menggunakan masker mentimun baiknya setiap malam sebelum tidur setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih optimal.

Kabar baiknya, membat masker mentimun sangat mudah dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu buah mentimun dan beberapa bahan pendukung saja.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Ini Dapat Cerahkan Wajah dengan Ampuh dan Minim Efek Samping, Salah Satunya Minyak Zaitun

Melansir dari siloamhospitals.com, kandungan dan nutrisi yang terdapat pada mentimun dapat memberikan manfaat kecantikan sebagai berikut:

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat masker mentimun untuk wajah yang pertama adalah dipercaya dapat melembapkan kulit wajah. Memiliki kandungan air yang tinggi membuat mentimun dapat menghidrasi wajah sampai ke dalam, sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembap.

Cara penggunaannya cukup gampang, kamu hanya perlu mencampurkan buah mentimun, madu, dan oatmeal untuk dijadikan masker wajah.

BACA JUGA:Pria Bisa Cerahkan Wajah dengan 5 Cara Ini, Salah Satunya Perbanyak Konsumsi Air Putih

Campuran tersebut dapat memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga wajah terhindar dari kulit kering dan beruntusan. Lebih dari itu, campuran dari bahan alami tersebut juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

Setelah menggunakan masker wajah, jangan lupa mengoleskan pelembap wajah untuk mengunci kelembapan kulit wajah seharian.

2. Mengurangi Iritasi 

Kandungan antiinflamasi dan efek pendingin yang terdapat pada buah mentimun ternyata memberikan manfaat kesehatan pada kulit wajah dan mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti, membantu meredakan rasa sakit pada wajah, kulit kemerahan, ruam kulit, dan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari atau gigitan serangga.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan, Bikin Wajah Lembap hingga Rangsang Produksi Kolagen

3. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat masker mentimun untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan mata panda. Hal ini merupakan kabar baik bagi kaun hawa yang memiliki kantong mata seperti mata panda, karena mentimun dapat membantu menghilangkan kondisi tersebut.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada timun dipercaya dapat meredakan pembengkakan pada wajah sehingga wajah tampak lebih segar.

4. Memperbaiki Kulit Wajah yang Rusak

Manfaat buah mentimun selanjutnya adalah dapat memperbaiki kondisi wajah yang rusak. Hal ini karena mentimun dimanfaatkan sebagai face mist yang dapat memberikan manfaat langsung dengan membantu menenangkan kondisi kulit yang meradang.

BACA JUGA:Efektif Bikin 10 Tahun Lebih Muda! Ini 5 Manfaat Istimewa Kunyit untuk Wajah, Salah Satunya Cegah Keriput

Caranya sangat mudah, kamu cukup merebus buah mentimun kemudian airnya dapat kamu simpan ke dalam botol. Face mist siap disemprotkan pada wajah, perlu diketahui timun ini bisa disimpan paling lama 4 hari di dalam kulkas.

5. Mengatasi Kulit Berjerawat

Kandungan asam flat dan vitamin C yang terdapat pada buah mentimun dapat memberikan manfaat unuk kulit berjerawat. Hal ini karena kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan peradangan akibat jerawat sehingga kulit wajah menjadi tenang.

BACA JUGA:Masker Blueberry Punya Manfaat Mencerahkan Kulit, Cek Fungsi Lainnya untuk Wajah

Tidak hanya itu, memiliki kandungan air yang tinggi membuat buat mentimun mampu mengontrol minyak di wajah, sehingga dapat mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

6. Merawat Kulit Berminyak

Manfaat masker mentimun untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat merawat kulit berminyak. Hal ini karena pemanfaatan mentimun sebagai masker dapat memberikan pertolongan pada wajah yang memiliki minyak berlebih.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu campuran mentimun yang sudah dihaluskan dengan plain yoghurt. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Apel untuk Wajah, Cerahkan hingga Kencangkan Kulit, Auto Awet Muda

Lalu, oleskan masker wajah tersebut ke seluruh wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat masker mentimun lainnya adalah dapat membantu mengatasi masalah kulit terbakar. Terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari sangat rentam membuat kulit terbakar terutama wajah.

Manfaat mentimun untuk wajah yang satu ini dapat diperoleh dari kandungan mineral dalam timun (kalium dan sulfat) yang dapat membantu memulihkan kulit terbakar. Efek dingin dari masker mentimun juga bisa mencegah peradangan dan meredakan iritasi kulit akibat panas matahari.

BACA JUGA:Buah Blueberry Bisa Dibuat Masker, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit Wajah

8. Menyamarkan Noda Hitam

Selain dapat  merawat kulit berminyak, buah mentimun juga dapat menyamarkan noda hitam. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim proteolitik dalam timun yang mampu membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam mentimun juga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang berperan dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam maupun bekas luka yang menghitam di wajah.

Itulah cara membuat dan manfaat masker timun untuk wajah. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: