dempo

Awas! Obesitas pada Anak Bisa Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

Awas! Obesitas pada Anak Bisa Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

Awas! Obesitas pada anak bisa jadi sumber penyakit, ini cara mengatasinya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara mengatasi obesitas pada anak menjadi hal yang penting untuk diketahui dan dilakukan jika kamu memiliki anak yang mengalami obesitas

BACA JUGA:6 Cara Cegah Obesitas pada Anak, Ajak Mereka Beraktivitas ya, Bunda!

Mengatasi masalah obesitas ini sangat penting untuk dilakukan sejak dini karena obesitas tersebut dapat menjadi sumber dari banyak penyakit untuk anak. 

Anak yang gemuk mungkin akan terlihat imut dan lucu bagi sebagian besar orang tua, namun jika anak mengalami obesitas, hal ini sama sekali tidak baik untuk kesehatan mereka. 

BACA JUGA:Waspada Obesitas pada Anak! Bisa Bikin Si Kecil Rentan Kena Penyakit, Ini Bahaya Lainnya

Obesitas, yaitu sebuah kondisi kronis yang biasanya terjadi akibat adanya penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh dapat sangat merugikan anak apalagi jika dibiarkan hingga mereka tumbuh dewasa. 

Kondisi ini terjadi saat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan proses pembakaran yang dilakukan sehingga lemak akan bertumpuk di dalam tubuh. 

BACA JUGA:5 Penyebab Obesitas pada Anak, Salah Satunya Kurang Asupan Makanan Sehat

Memiliki tubuh yang gemuk bisa dikategorikan sebagai obesitas pada anak-anak dan juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbagai jenis penyakit. 

Obesitas sendiri menjadi kasus yang cukup banyak ditemui di Indonesia dan terus meningkat setiap tahunnya, terutama pada anak yang berada dalam usia 5-12 tahun. 

BACA JUGA:Gemuk Bukan Berarti Sehat, Ibu Perlu Kenali Sederet Tanda Obesitas pada Anak Ini

Melansir dari laman alodokter.com, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, diperkirakan sekitar 18–19% anak berusia 5–12 tahun di Indonesia memiliki berat badan berlebih dan 11% anak di usia tersebut menderita obesitas.

Jika anak telah terlanjur mengalami obesitas, maka sebagai orang tua sebaiknya segera mencari cara untuk mengatasi hal tersebut agar masalah ini tidak berlanjut dan menyebabkan anak mengalami gangguan kesehatan lainnya. 

BACA JUGA:Herbal Alami Cegah Obesitas, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: