dempo

7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Ilustrasi. 7 ciri orang manipulatif yang perlu kamu waspadai, salah satunya suka melebih-lebihkan perkataan --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Kamu dapat menemukan ciri-ciri sikap manipulatif dari orang-orang terdekat dan sebaiknya segera mengenali ciri tersebut untuk melakukan tindakan yang tepat. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Sikap manipulatif sendiri merupakan sikap yang cukup berbahaya karena menjadi sikap yang ditunjukkan untuk memperoleh kekuasaan atau bahkan mempengaruhi emosi dan juga pikiran orang lain. 

Tak hanya itu, sikap ini juga bertujuan untuk mengendalikan orang lain agar segalanya berjalan sesuai dengan keinginan manipulator

BACA JUGA:Mengenal Sifat Manipulatif dalam Hubungan, Bisa Sebabkan Trauma hingga Masalah Mental

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan romantis, hubungan pertemanan, hingga hubungan pekerjaan. 

Perilaku ini sama sekali tidak boleh diabaikan lantaran dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan. 

BACA JUGA:4 Jenis Tantrum pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tantrum Manipulatif

Oleh sebab itu, penting untuk dapat mengenali ciri perilaku manipulaitf ini secara lebih jauh agar kamu dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Perilaku manipulatif seringkali terjadi di dalam hubungan romantis meski tidak menutup kemungkinan untuk terjadi dalam bentuk hubungan lainnya seperti hubungan pertemanan hingga hubungan pekerjaan.  

BACA JUGA:Hati-hati! 5 MBTI Ini Memiliki Sifat Manipulatif, Jangan Sampai Tertipu

Biasanya, dalam hubungan romantis ciri-ciri pasangan yang manipulatif adalah sering berbohong, gaslighting, memiliki sikap pasif-agresit dan juga silent treatment. 

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

BACA JUGA:5 Zodiak Paling Red Flag Dalam Suatu Hubungan, Jago Playing Victim dan Manipulatif, Sangat Toxic!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: