dempo

Jangan Salah Kaprah! Ini 5 Cara Hadapi Orang dengan Sikap Manipulatif

Jangan Salah Kaprah! Ini 5 Cara Hadapi Orang dengan Sikap Manipulatif

Ilustrasi. Jangan salah kaprah! Ini 5 cara hadapi orang dengan sikap manipulatif--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara menghadapi sifat manipulatif mungkin menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan karena mereka cenderung mendominasi. 

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Meski demikian, hal tersebut tidak lantas berarti kamu tidak menghadapi mereka dan harus pasrah begitu saja serta menjadi korban mereka. 

Menghadapi orang yang manipulatif adlaah sebuah keterampilan yang perlu dimiliki untuk dapat melindungi diri sendiri termasuk untuk menghindari penipuan dan juga menjaga kesehatan hubungan

BACA JUGA:7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Manipulatif sendiri merupakan tindakan buruk yang merugikan orang lain lantaran akan membuat orang lain merasa bersalah dan mempertanyakan dirinya sendiri. 

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan, baik di dalam hubungan percintaan, hubungan pertemanan, maupun hubungan dalam dunia kerja. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Tindakan yang satu ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan sehingga penting untuk mengenali perilaku untuk lebih jauh agar dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Orang yang memiliki sifat manipulatif akan memanfaatkan orang lain dalam rangka untuk memperoleh keuntungan untuk dirinya sendiri dan merugikan korbannya. 

BACA JUGA:Mengenal Sifat Manipulatif dalam Hubungan, Bisa Sebabkan Trauma hingga Masalah Mental

Untuk dapat menghadapi orang dengan sifat ini, kamu memerlukan ketegasan, kepercayaan diri, dan juga keterampilan komunikasi yang baik. 

Bukan hanya itu, kamu juga perlu belajar untuk dapat mengenali kelemahan pribadi yang bisa dimanfaatkan oleh manipulator dan memperkuat kelemahan tersebut agar tidak digunakan sebagai senjata. 

BACA JUGA:4 Jenis Tantrum pada Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tantrum Manipulatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: