dempo

Mampu Tingkatkan PAD, Pengembangan Sektor Wisata di Seluma Perlu Dukungan Pemerintah Daerah

Mampu Tingkatkan PAD, Pengembangan Sektor Wisata di Seluma Perlu Dukungan Pemerintah Daerah

Wilayah Kabupaten Seluma memiliki banyak sekali wisata potensial, khususnya di Kecamatan Lubuk Sandi dan Seluma Utara.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Deni A.P Ketua Gerakan Pemuda Peduli Wisata mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Seluma perlu metode dalam memperdalam potensi lokal daerah untuk menjadi landasan dalam mengembangkan suatu daerah (grand design) di sektor Wisata

Pasalnya, wilayah Kabupaten Seluma memiliki banyak sekali wisata potensial, khususnya di Kecamatan Lubuk Sandi dan Seluma Utara.

BACA JUGA:Calon Siswa SD-SMP di Kota Bengkulu Dipastikan Dapat Sekolah, Dikbud: Orang Tua Tak Perlu Khawatir

"Kecamatan Lubuk Sandi dan Seluma Utara ibarat surganya wisata alam. Dimana pada wilayah tersebut terdapat beragam air terjun serta wisata pemandian sungai, air panas, goa walet dengan pemandangan keasrian alamnya yang eksotis, namun tak potensi itu tak dilirik sama sekali," kata Deni A.P, Minggu 30 Juni 2024.

BACA JUGA:Aksi Curanmor di Kota Bengkulu, Motor Milik Anggota TNI Raib Digasak Pencuri

Padahal Kata Deni A.P, jika semua objek wisata di Kabupaten Seluma bisa dikelola dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan ke depannya Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat melalui sektor wisata. 

Sebab, pada sektor pembangunan wisata ini dapat meningkatan ekonomi kreatif. Dimana masyarakat secara langsung terlibat dalam proses pengelolaan wisata tersebut.

BACA JUGA:Terlibat Perkelahian, Pengunjung Warem di Seluma Tewas Ditikam

"Saat ini yang perlu dilakukan Pemkab Seluma adalah master plan dan Grand Desain wisata atau menciptakan suatu pariwisata unggulan, dengan berkolaborasi bersama desa menciptakan suatu kawasan wisata unggulan," lanjutnya. 

Selain itu, Pemkab Seluma pun dapat memprioritaskan melakukan pembangunan infrastruktur menuju objek wisata. Seperti dengan perbaikan akses jalan agar mulus, maka hal itu akan menarik minat para wisatawan dari luar daerah.  

BACA JUGA:Muskab Perbakin Bengkulu Tengah 2024, Nurul Iwan Setiawan Terpilih Sebagai Ketum

Di sisi lain pengembangan wisata yang berkelanjutan juga dapat meningkatkan penerimaan pajak, retribusi, dan pendapatan usaha pariwisata. Sehingga di kemudian akan menjadi sumber pendapatan.

"Selama ini Pemda tak melirik potensi wisata yang ada di Seluma. Padahal jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber PAD," ujarnya. 

BACA JUGA:Kepulangan 208 Jemaah Haji Bengkulu Utara Disambut Bahagia di Masjid Agung Baitul Makmur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: