dempo

7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Ilustrasi. Ciri-ciri perilaku manipulatif yang dapat ditemukan di dalam hubungan sesama manusia--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui ciri-ciri perilaku manipulatif penting untuk kamu lakukan karena kamu bisa saja menemukan ciri ini dari orang-orang terdekat. 

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Sikap manipulatif sendiri merupakan Sikap yang cukup berbahaya karena menjadi Sikap yang ditunjukkan untuk memperoleh kekuasaan atau bahkan mempengaruhi emosi dan juga pikiran orang lain. 

Tak hanya itu, sikap ini juga bertujuan untuk mengendalikan orang lain agar segalanya berjalan sesuai dengan keinginan manipulator

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mudah Atasi Trust Issue, Cukup Percaya pada Diri Sendiri

Sifat manipulatif ini dapat ditemui dimana saja dan terjadi pada siapa saja termasuk di dalam sebuah hubungan romantis, hubungan pertemanan, hingga hubungan pekerjaan. 

Perilaku ini sama sekali tidak boleh diabaikan lantaran dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang apabila terus dibiarkan. 

BACA JUGA:5 Tips Atasi Trust Issue, Salah Satunya Bangun Kepercayaan Diri

Oleh sebab itu, penting untuk dapat mengenali ciri perilaku manipulaitf ini secara lebih jauh agar kamu dapat terhindar dari perilaku tersebut. 

Perilaku manipulatif seringkali terjadi di dalam hubungan romantis meski tidak menutup kemungkinan untuk terjadi dalam bentuk hubungan lainnya seperti hubungan pertemanan hingga hubungan pekerjaan.  

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Biasanya, dalam hubungan romantis ciri-ciri pasangan yang manipulatif adalah sering berbohong, gaslighting, memiliki sikap pasif-agresif dan juga silent treatment. 

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: