dempo

7 Penyebab Sembelit pada Anak, Alergi Susu Sapi hingga Kurang Konsumsi Serat

7 Penyebab Sembelit pada Anak, Alergi Susu Sapi hingga Kurang Konsumsi Serat

Ilustrasi. Penyebab sembelit pada anak.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Alergi susu sapi dan kurangnya konsumsi serat dapat membuat anak mengalami sembelit, yuk simak ulasannya di sini.

Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan pencernaan tidak lancar. Kondisi ini ditandai dengan sulitnya buang air besar (BAB).

Sembelit dapat dialami oleh siapapun, termasuk anak kecil. Diketahui, sembelit mengakibatkan seseorang tidak buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Hal ini mengakibatkan perut kembung dan buncit. Oleh karenanya penting untuk mengetahui penyebab sembelit agar dapat menghindarinya.

BACA JUGA:Konsumsi Kelapa Muda Secukupnya Jika Tidak Ingin Terkena 6 Efek Samping Ini, Salah Satunya Bikin Diare

Hal tersebut karena jika sembelit tidak segera ditangani maka akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Dikatakan salah satu penyebab sembelit pada adak adalah efek dari alergi susu sapi. Kondisi ini dapat terjadi karena sistem pencernaan anak tidak mampu memecah lakosa dalam susu sapi sehingga pencernaan menjadi tersumbat.

Selain itu, dehidrasi. Masalah kesehatan tertentu, konsumsi makanan padat, asupan zat besi berlebih, dan kurang konsumsi serat juga dapat menyebabkan sembelit.

Melansir dari siloamhospitals.com, berikut penyebab sembelit pada anak.

BACA JUGA:Herbal Mujarab Obati Diare, Ini 7 Manfaat Biji Kedawung untuk Kesehatan

1. Alergi Susu Sapi (Laktosa Intoleran)

Penyebab sembelit pada anak yang pertama adalah alergi susu sapi. Kondisi ini mengakibatkan sistem cernah anak tidak mampu memecah laktosa dari susu sapi. 

Diketahui, laktosa bertugas untuk memadatkan feses, sehingga jika laktosa tidak dapat dipecah feses yang padat tidak dapat dikeluarkan melalui anus.

Kondisi tersebutlah yang membuat pencernaan anak tidak lancar atau mengalami sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: