dempo

Pemkab Seluma Usulkan Pembangunan 2.000 Unit RTLH Melalui Program BSPS 2024

Pemkab Seluma Usulkan Pembangunan 2.000 Unit RTLH Melalui Program BSPS 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma terus berupaya mengurangi rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma terus berupaya mengurangi rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Pasalnya hingga tahun 2024 ini, rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Seluma mencapai 4.000 unit. Maka dari itu, guna mengurangi rumah tidak layak huni, Pemkab Seluma mengusulkan sebanyak 2.000 rumah untuk dibangun di tahun 2024. 

BACA JUGA:Pj Wali Kota Bengkulu Imbau ASN Tetap Netral di Pilkada November 2024

"Rumah tidak layak huni (RTLH) di Seluma masih terbilang banyak, sekitar  ada 4.000 RTLH di Kabupaten Seluma yang masih belum dibangun. Kita sudah mengusulkan sebanyak 2.000 rumah akan dibangun di tahun 2024," kata Erlan Suadi Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Senin 1 Juli 2024.

BACA JUGA:Pilkada Bengkulu Tengah, Rachmat Riyanto Kantongi Rekomendasi PPP

Meskipun sudah diusulkan sebanyak 2.000 unit rumah, namun saat ini Pemkab Seluma masih menunggu keterangan resmi dari Kementerian melalui Balai dan Satker Penyediaan Perumahan. 

"Saat ini kita masih menunggun info usulan tersebut, mudah-mudahan saja diakomodir, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan," lanjutnya.

BACA JUGA:5 Komisioner KPU Bengkulu Tengah Disidang DKPP Besok, Dugaan Pelanggaran Kode Etik

Sementara 4.000 rumah tidak layak huni di Seluma meliputi rumah yang masih berlantai tanah dan berdinding papan, tidak ada jamban, maupun listrik.

Erlan menambahkan, pembangunan RTLH merupakan salah satu bentuk program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Tameng Adat Melayu Kecam Pernyataan Ketua Jaringan Masyarakat Batak Riau

Rehabilitasi RTLH itu juga menjadi salah satu program Bupati Seluma Erwin Octavian dan Wakil Bupati Seluma Gustianto agar tidak ada lagi RTLH di Kabupaten Seluma.

"Di tahun 2023 kemarin saja sebanyak 401 unit RTLH sudah dibangun, harapannya tahun ini rehabilitasi RTLH bisa mendapat lebih banyak lagi," tambahnya. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: