dempo

4 Penyebab Gaslighting yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Sampai Terlena!

4 Penyebab Gaslighting yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Sampai Terlena!

Ilustrasi. 4 penyebab gaslighting yang perlu kamu waspadai, jangan sampai terlena!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa penyebab perilaku gaslighting yang perlu kamu waspadai sebagai salah satu cara pencegahan yang tepat untuk dilakukan. 

BACA JUGA:Waspada 4 Dampak Gaslighting Ini Bisa Rugikan Dirimu, Jauhi Jika Terjadi

Salah satu penyebab gaslighting yang paling sering ditemui adalah munculnya keinginan untuk dapat mengontrol dan mengendalikan seseorang atau pasangan

Gaslighting sediri merupakan salah satu bentuk manipulasi psikologis yang dapat menyebabkan keresahan dan juga kecemasan pada korbannya sehingga membuat mereka merasa ragu terhadap dirinya sendiri. 

BACA JUGA:7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

Gaslighting ini adalah sebuah tindakan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam hubungan romantis dengan pasangan, hubungan keluarga, hubungan pertemanan hingga hubungan sesama rekan kerja. 

Bukan hanya itu, gaslighting juga dikenal sebagai salah satu bentuk manipulasi yang biasanya terjadi di dalam hubungan yang tidak sehat atau dikenal juga dnegan istilah abusive relationship. 

BACA JUGA:Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Sementara itu, seperti yang dilansir dari laman Good Therapy, gaslighting merupakan jenis kekerasan emosional yang berbahaya dan terkadang bersifat terselubung. 

Orang yang memiliki perilaku gaslighting ini seringkali menampakkan ciri seperti meremehkan perasaan orang lain atau pasangannya, memutarbalikkan fakta, atau bahkan tidak mau mengakui kesalahan yang dilakukan. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Terdapat banyak dampak yang ditimbulkan oleh perilaku gaslighting ini, di antaranya seperti menyebabkan korbannya merasa rendah diri dan sulit untuk mempercayai orang lain. 

Dalam dampak terburuk, gaslighting dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah pada mentalnya bahkan dapat berujung pada gangguan kecemasan hingga depresi

BACA JUGA:Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: