dempo

4 Penyebab Gaslighting yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Sampai Terlena!

4 Penyebab Gaslighting yang Perlu Kamu Waspadai, Jangan Sampai Terlena!

Ilustrasi. 4 penyebab gaslighting yang perlu kamu waspadai, jangan sampai terlena!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Oleh sebab itu, penting untuk dapat mengetahui penyebab perilaku gaslighting ini agar dapat mencegah agar perilaku ini tidak terjadi baik padamu atau pada orang terdekatmu. 

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum beberapa informasi mengenai penyebab gaslighting yang dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Penyebab Perilaku Gaslighting

1. Ingin Mendapatkan Kontrol

Hal pertama yang menjadi penyebab perilaku gaslighting adalah keinginan untuk dapat menguasai dan juga mengontrol seseorang sehingga untuk mewujudkannya, pelaku akan melakukan segala macam cara. 

Keinginan ini biasanya terjadi saat pelaku merasa tidak berdaya dan juga takut dalam menjalani kehidupan sehingga untuk mencegah penurunan rasa percaya diri mereka, mereka akan berusaha untuk mengontrol orang lain. 

BACA JUGA:Tanda-tanda hingga Cara Atasi Gaslighting, Ini Hal yang Perlu Diketahui

2. Mempertahankan Citra Diri Sendiri

Penyebab selanjutnya yang membuat seseorang melakukan perilaku gaslighting adalah karena munculnya keinginan di dalam diri seseorang untuk mendapatkan kebahagiaan dan mempertahankan citra diri mereka. 

Oleh sebab itu, mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkannya meski dengan merugikan orang lain sekalipun. Melalui sikap inilah ego dan harga diri seseorang akan merasa puas. 

BACA JUGA:Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

3. Ketakutan untuk Mengakui Kesalahan

Ketakutan untuk mengakui kesalahan juga menyebabkan munculnya perilaku gaslighting pada seseorang. Mereka takut utuk bertanggung jawab dan menanggung konsekuensi atas tindakannya. 

Pada akhirnya, mereka akan memilih untuk mengubah fakta yang ada dan mulai menyalahkan korban untuk dapat melindungi dirinya sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: