dempo

Terjebak dalam Hubungan Penuh Gaslighting? Ini 5 Cara Menghadapinya

Terjebak dalam Hubungan Penuh Gaslighting? Ini 5 Cara Menghadapinya

Ilustrasi. Terjebak dalam hubungan penuh gaslighting? Ini 5 cara menghadapinya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dengan mencatat dan mengumpulkan bukti, kamu dapat memahami motif dan juga tujuan pasangan dalam melakukan perilaku gaslighting ini. 

3. Berbicara dengan Percaya Diri

Untuk menghadapi perilaku gaslighting, kamu perlu berbicara dengan pasangan dengan penuh percaya diri dan mengekspresikan perasaan serta pengalaman dengan tegas. 

BACA JUGA:Hubungan Buruk di Masa Lalu Bisa Bikin Kamu Jadi Manipulatif, Cek Penyebab Lainnya di Sini

Sebaiknya kamu menghindari untuk terlihat merasa bersalah atau merasa ada yang salah. Kamu juga perlu menerapkan komunikasi yang terbuka serta jujur untuk dapat mengatasi gaslighting ini. 

4. Dapatkan Dukungan

Cara berikutnya untuk menghadapi gaslighting ini adalah dengan cara memperoleh dukungan baik dari teman, keluarga, atau bahkan dukungan profesional karena hal ini bukan hal yang mudah untuk dihadapi. 

BACA JUGA:7 Ciri Perilaku Manipulatif yang Perlu Diwaspadai, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Dengan memperoleh dukungan, kamu dapat mendapatkan perspektif luar serta dukungan emosional yang dibutuhkan. Hal ini juga dapat membuatmu memperoleh pandangan yang lebih objektif tentang situasi ini. 

5. Atur Batasan dan Prioritaskan Diri

Cara berikutnya untuk menghadapi perilaku gaslighting adalah dengan menetapkan batasan di dalam hubungan terutama jika pasangan tidak kunjung berubah dalam perilaku gaslighting ini. 

Kamu juga perlu memprioritaskan kesejahteraan dan juga kebahagiaan diri sendiri. Bahkan jika perlu, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengakhiri hubunga toxic ini untuk kebaikan diri sendiri. 

BACA JUGA:Love Bombing Ternyata Jadi Salah Satu Jenis Perilaku Manipulatif, Cek 5 Jenis Lainnya di Sini

Demikian 5 cara menghadapi perilaku gaslighting yang bisa kamu lakukan jika menghadapi situasi ini. Pastikan untuk menyayangi diri sendiri dan utamakan dirimu sebelum orang lain, ya! Semoga membantu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: