dempo

45 Desa di Kabupaten Seluma Sudah Ajukan DD Tahap II

45 Desa di Kabupaten Seluma Sudah Ajukan DD Tahap II

Kabid Pembagunan Gusti SE mengatakan, sebanyak 45 desa di Kabupaten Seluma telah menngajukan pencairan dana desa dan Alokasi dana desa tahap II.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Usai anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama selesai disalurkan, saat ini anggaran dana Desa (DD) tahun 2024 untuk tahap II sudah siap dikucurkan oleh Pemkab Seluma ke seluruh Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nopetri Elmanto melalui Kabid Pembagunan Gusti SE mengatakan, sebanyak 45 desa di Kabupaten Seluma telah menngajukan pencairan dana desa dan Alokasi dana desa tahap II. Sedangkan yang mengajukan pencairan alokasi dana desa (ADD) hanya 8 desa.

BACA JUGA:Langkah Serius Kapolres Bengkulu Tengah Berantas Judi Online di Kalangan Personel dan Masyarakat

"Dari 182 desa baru 45 desa saja yang mengajukan pencairan dana desa(DD) tahap II," kata Gusti Kabid Pembangunan Desa, Selasa 2 Juli 2024.

BACA JUGA:Pilgub Bengkulu 2024: Dempo-Bang Ken Vs Helmi-Mian, Rohidin Mersyah Belum Putuskan Pendamping

Gusti mengungkapkan, salah satu syarat pencairan DD tahap dua minimal penyerapan atau realisasi DD pada tahap satu di atas 50 persen.

Sementara untuk 45 desa yang mengajukan DD tahap dua penyerapan pada DD tahap I sudah 60 persen

"Setelah semua syarat terpenuhi maka Pemdes bisa mengajukan tahap II," lanjut Gusti.

BACA JUGA:30 Caleg Terpilih Rejang Lebong, Baru 5 Orang Lapor Harta Kekayaan

Dikatakannya, untuk desa yang belum agar secepatnya mengajukan, karena batas pengajuan pencairan dana desa tahap II terakhir bulan Sepetember.

Untuk itu, desa yang sudah menyelesaikan realisasi DD tahap I diminta untuk segera mengajukan usulan pencairannya. Sehingga program pembangunan desa bisa berjalan. 

BACA JUGA:Pengelola PTM Kota Bengkulu Desak Pemkot Tindak Tegas PKL yang Berjualan di Bahu Jalan

"Anggarannya sudah tersedia dan untuk DD tahap II saat ini sudah siap dikucurkan. Sehingga bagi seluruh desa yang sudah menyelesaikan realisasi tahap I diminta untuk segera mengusulkannya. Karena ini sudah pertengahan tahun, dan paling akhir Sepetember. Bagi Pemdes yang belum, segera ajukan, lebih cepat lebih baik," sampainya. 

BACA JUGA:Setwan Seluma Usulkan Rp1,8 Miliar untuk Pembelian Mobil Dinas Pimpinan DPRD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: