dempo

6 Cara Cegah Penyakit Demam Berdarah, Terapkan 3M hingga Lakukan Fogging

6 Cara Cegah Penyakit Demam Berdarah, Terapkan 3M hingga Lakukan Fogging

Ilustrasi. 6 cara cegah penyakit demam berdarah, terapkan 3M hingga lakukan fogging--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS -  Penting mengetahui cara mencegah penyakit demam berdarah (DBD)terutama di musim penghujan saat penyakit ini rentan meningkat. 

BACA JUGA: Waspada Demam Berdarah! Hindari 4 Faktor Penyebab Ini, Jangan Beri Nyamuk Peluang

Penyakit DBD sendiri merupakan sebuah penyakit musiman yang sering ditemui di Indonesia dan merupakan salah satu penyakit infeksi yang biasanya akan meningkat selama musim hujan sehingga disebut-sebut sebagai penyakit musiman. 

Biasanya, kasus DBD ini sering ditemui pada wilayah dengan iklim tropis dan sub tropis seperti wilayah Asia Tenggara, Afrika, serta Amerika Tengah dan Selatan.

BACA JUGA:111 Orang Terkena Demam Berdarah dalam 5 Bulan Terakhir di Kabupaten Kaur

Namun tidak seperti penyakit infeksi lainnya yang terjadi secara langsung melalui satu orang ke orang lainnya, penularan penyakit DBD ini terjadi melalui perantara nyamuk aedes aegypti

Nyamuk aedes inilah yang menyebarkan virus dengue ke tubuh manusia dimana virus inilah yang menjadi penyebab DBD. Nyamuk ini memindahkan virus melalui gigitannya. 

BACA JUGA: Waspada Demam Berdarah! Hindari 4 Faktor Penyebab Ini, Jangan Beri Nyamuk Peluang

Biasanya masa inkubasi yang terjadi di dalam tubuh manusia akibat virus ini berlangsung selama 4 hingga 10 hari sebelum menimbulkan gejala infeksi yang terlihat. 

Demam berdarah dengue yang terjadi akibat virus dengue ini dapat menyebabkan gejala yang berbeda, baik gejala yang ringan maupun gejala yang berat. 

BACA JUGA: Waspada Penyakit DBD! Deteksi Gejalanya Sejak Dini Sebelum Terlambat

Pencegahan penyakit ini juga penting untuk dilakukan karena karena penyakit ini merupakan penyakit yang memerlukan penanganan medis segera karena dapat sangat berbahaya bagi tubuh bahkan hingga mengancam nyawa. 

Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah ini yang telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Demam Berdarah, Salah Satunya Jambu Biji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: