dempo

Ini 8 Cara Atasi Tensi Tinggi, Batasi Makan Asin hingga Minum Obat

Ini 8 Cara Atasi Tensi Tinggi, Batasi Makan Asin hingga Minum Obat

Ilustrasi. Cara mengatasi tensi tinggi.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Membatasi makanan asin dan minum obat menjadi cara yang dapat dicoba untuk mengatasi tensi tinggi atau darah tinggi, simak ulasannya di sini.

Tensi tinggi diakibatkan oleh tekanan darah pada dingin arteri terlalu tinggi, masalah kesehatan satu ini dapat menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu bahkan dapat mengancam jiwa.

Jika tensi terlalu tinggi maka pasokan darah ke seluruh organ menjadi berlebih sehingga dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di otak.

Kondisi tersebut dapat mengakibatkan sakit kepala, sesak napas bahkan stroke. Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara mengatasi tensi tinggi agar terhindar dari komplikasi penyakit berbahaya.

BACA JUGA:5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Diketahui salah satu cara mengatasi tensi tinggi adalah dengan membatasi konsumsi makanan tinggi garam.

Hal tersebut karena makanan tinggi garam dapat menyumbat aliran darah yang membuat jantung terpaksa bekerja terlalu keras memompa darah agar mengalir normal.

Namun kondisi tersebut sangat beresiko membuat jantung memompa darah terlalu keras sehingga tekanan darah pada dinding arteri melonjak terlalu tinggi.

Tidak hanya itu mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, mengurangi asupan gula, berolahraga, tidur teratur, dan mengurangi stress juga dapat membantu mengatasi tensi tinggi.

Melansir dari laman alodokter.com berikut cara mengatasi tensi tinggi yang ampuh dan aman:

BACA JUGA:6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut hingga Meredakan Sariawan

1. Batasi makanan tinggi garam

Cara mengatasi tensi tinggi yang pertama adalah Batasi makanan tinggi garam. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa makanan tinggi garam dapat menyumbat aliran darah yang mengakibatkan jantung memompa darah terlalu kencang.

Kondisi tersebut menyebabkan tekanan darah melonjak terlalu tinggi pada dinding arteri atau disebut dengan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: