dempo

9 Ciri-ciri Anemia pada Ibu Hamil yang Tak Boleh Diabaikan, Badan Lesu hingga Tekanan Darah Rendah

9 Ciri-ciri Anemia pada Ibu Hamil yang Tak Boleh Diabaikan, Badan Lesu hingga Tekanan Darah Rendah

Ilustrasi: Ciri-ciri anemia pada ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut ciri-ciri anemia pada ibu hamil yanh harus diwaspadahi, diantaranya badan terasa lesu dan tekanan darah menjadi rendah, untuk informasi selengkapnya simak di sini.

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena kurangnya sel produksi sel darah merah di dalam tubuh sehingga suplai darah ke seluruh organ tidak dapat maksimal.

Akibatnya organ tubuh tak mampu menjalankan tugas dengan optimal, kondisi inilah yang membuat tubuh lemas, sakit kepala, sesak napas, dada terasa nyeri, hingga penglihatan menjadi buram.

BACA JUGA:5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Anemia kerap dialami ibu hamil karena pada masa kehamilan suplai darah terbagi antara ibu dan janin, oleh karenanya selama masa kehamilan ibu wajib mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi, folat, dan vitamin B12 agar terhindar dari resiko anemia.

Selain itu, ibu hamil juga wajib mengetahui ciri-ciri anemia selama masa kehamilan agar dapat mengambil tindakan yang tepat sebelum anemia merusak perkembangan janin.

Salah satu ciri-ciri anemia pada ibu hamil adalah lesu. Dikatakan bahwa saat produksi sel darah merah tidak maksimal maka oksigen yang seharusnya diangkut ke seluruh tubuh tidak optimal.

BACA JUGA:6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut hingga Meredakan Sariawan

Kondisi ini mengakibatkan tubuh terasa lesu dan tak berdaya. Tidak hanya itu, pusing, kulit pucat, napas pendek, tidak fokus, dan tekanan darah rendah juga termasuk ciri-ciri anemia pada ibu hamil.

Melansir dari siloamhospital.com, berikut ciri-ciri anemia pada ibu hamil:

1. Lesu

Ciri-ciri anemia pada ibu hamil yang pertama adalah lesu. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ketika sel darah merah tidak optimal maka pasokan oksigen ke seluruh organ berkurang, hal inilah yang membuat organ-organ dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Akibatnya tubuh merasa lelah dan lesu. Kondisi ini tentu saja sangat bahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.

BACA JUGA:Teh Punya Kandungan Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan, Cek Fakta Lainnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: