dempo

8 Penyebab Stroke yang Harus Diwaspadahi, Salah Satunya Tekanan Darah Tinggi, Cek Lainnya di Sini

8 Penyebab Stroke yang Harus Diwaspadahi, Salah Satunya Tekanan Darah Tinggi, Cek  Lainnya di Sini

Ilustrasi. Penyebab stroke yang harus diwaspadahi.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab stroke yang harus diwaspadahi, yuk simak sebab lainnya di sini.

Stroke merupakan masalah kesehatan yang terjadi ketika suplai darah kurang dari seharusnya sehingga menyebabkan kerusakan di otak.

Akibatnya, otak tidak mampu memberikan perintah kepada organ yang lainnya. Dengan begitu penderitanya kesulitan untuk berbicara, bergerk, berjalan, fokus, bahkan dapat lumpuh total.

Dikatakan bahwa stroke kerp dialami oleh seseorang yang sudah berusia, hal tersebut karena umumnya penambahan usia membuat fungsi seluruh organ berkurang efektifitasnya.

BACA JUGA:Membantu Mengurangi Stres, Cek Manfaat Lain Tanaman Hias untuk Kesehatan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stroke, salah satunya darah tinggi. Ketika tekanan darah pada dinding ataeri terlalu tinggi, sel-sel tubuh dapat rusak termasuk pembuluh darah otak.

Dengan begitu, otak tidak dapat memerintahkan organ tubuh untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, akibatnya terjadi kelumpuhan.

Tidak hanya itu, penyakit jantung, genetik, obesitas, kolesterol, diabetes, dan faktor usia juga termasuk ke dalam daftar penyebab stroke.

Melansir dari halodoc.com, berikut penyakit yang dapat menyebabkan stroke:

BACA JUGA:Ampuh Cegah Anemia, Buah Bengkoang Tawarkan 9 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

1. Tingginya Tekanan Darah

Penyakit yang dapat menyebabkan stroke pertama adalah daraj tinggi. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah otak. 

Kondisi tersebut membuat oteak tidak dapat berfungsi dengan maksimal dalam menggerakan oragan tubuh yang lain, akibatnya terjadilah kelumpuhan.

Katagori tekanan darah tinggi adalah ketika tensi lebih dari 140/90. Adapun penyebab tekanan darah tinggi adalah makanan obesitas, alkohol, dan kurang berolaraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: