dempo

Pemkab Seluma Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024

Pemkab Seluma Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024

Pemerintah Kabupaten Seluma mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaran pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang secara daring (zoom meeting) di Ruang rapat Sekretariat Pemkab Seluma, Selasa 9 Juli 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Jelang Pilkada serentak, Pemerintah Kabupaten Seluma mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaran Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang secara daring (zoom meeting) di Ruang rapat Sekretariat Pemkab Seluma, Selasa 9 Juli 2024.

Rapat koordinasi persiapan penyelenggaran Pilkada ini diselenggarakan oleh Menteri bidang Politik, dan Hukum (Menkopolhukam) dan Kemendagri yang diikuti oleh Asisten 1 Pemkab Seluma Hendarsyah, dan Kepala Kesbangpol Seluma Dadang Kosasi.


Pemerintah Kabupaten Seluma mengikuti rapat koordinasi persiapan penyelenggaran pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang secara daring (zoom meeting) di Ruang rapat Sekretariat Pemkab Seluma, Selasa 9 Juli 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BACA JUGA:Mantan Karyawan BRI di Bengkulu Divonis Lebih Rendah dari Tuntutan, Denda Rp300 Juta

Hendarsyah Asisten 1 Pemkab Seluma mengatakatan, koordinasi ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan juga kemungkinan adanya potensi permasalahan yang menghambat penyelenggaraan pilkada serentak.

"Seperti apa yang disampaikan Menkopulhukam dan Kemendagri, yang bertujuan kordinasi sejauh mana kesiapan kita dan potensi yang menghambat pilkada ini. Sehingga kita semua dapat mengantisipasi permasalahan tersebut secara dini, sekaligus dapat memastikan. Serta menjamin tahapan Pilkada serentak tahun 2024 akan dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Saat ini tahapan Pilkada sudah mulai berjalan, maka diperlukan adanya langkah strategis melalui sinergitas antar pemerintah, penyelenggara pemilu," sampainya.

BACA JUGA:Kecanduan Judi Online, Ortu di Bengkulu Laporkan Anak ke Polisi

Selain itu, dana hibah untuk penyelenggaran pilkada KPU dan Bawaslu    sebagai dukungan pencapaian suksesnya pilkada serentak untuk segera disalurkan.

Menanggapi hal itu, Kepala Kesbangpol Seluma Dadang Kosasi, pihaknya sudah siap menyalurkan anggaran dan hibah Pilkada. adapun sisa dana hibah Pilkada yang akan disalurkan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 yakni berjumlah 60 persen dari pengajuan hibah.

BACA JUGA:Lomba Musik Dol dalam Festival Tabut 2024 Hadirkan 3 Juri Ternama

Dimana KPU Kabupaten Seluma dianggarkan Rp 15,6 miliar. Sedangkan untuk Bawaslu Kabupaten Seluma Rp 5,4 miliar. Karena 40 persenn dana hibah KPU sebesar Rp10,4 miliar dan Bawaslu sebesar Rp3,6 miliar sudah dilakukan pembayaran pada APBD Perubahan 2023 yang lalu.

KPU sebesar Rp 10,4 miliar dan Bawaslu sebesar Rp 3,6 miliar.

BACA JUGA:Bantuan 436 Unit Pompa Air Dibagikan kepada Petani Sawah di Bengkulu

"Bulan depan dana hibah KPU dan Bawaslu sudah bisa kami salurkan. Kami siap mendukung agar Pilkada dapat berjalan dengan sukses dan lancar," sampai Kepala Kesbangpol Seluma. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: