dempo

Pakar Politik: Wakil Kepala Daerah yang Tepat Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada 2024

Pakar Politik: Wakil Kepala Daerah yang Tepat Bisa Jadi Penentu Kemenangan di Pilkada 2024

Pakar ilmu politik Universitas Bengkulu (UNIB) dari Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pakar ilmu politik Universitas BENGKULU (UNIB) dari Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si mengatakan bahwa pemilihan wakil calon kepala daerah (cakada) yang tepat akan menjadi 'kartu as' atau penentu kemenangan di Pilkada 2024.

Pasalnya Wakil cakada tersebut bisa menutupi kekurangan yang dimiliki oleh sang cakada.

BACA JUGA:Anak 7 Tahun di Kota Bengkulu Jadi Korban Penculikan, Pelaku Babak Belur Dihajar Massa

"Walaupun sering diistilahkan sebagai 'ban serep'. Sebenarnya wakil cakada yg dipilih untuk ikut dalam konstestasi dapat menentukan dinamika pertarungan bahkan menentukan kemenangan kandidat," kata pakar ilmu politik Universitas Bengkulu (UNIB) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si.

Tambah Mas Agus, dalam menentukan wakilnya, cakada pasti melakukan kalkulasi dengan mempertimbangkan berbagai faktor. 

BACA JUGA:Kecelakaan Kerja, 1 Karyawan PT MSS Seluma Meninggal Dunia

Mulai dari faktor ketokohan, faktor logistik hingga pertimbangan representasi etnis pemilih maupun partai politik (parpol) pengusung.

"Karena itu, dalam menentukan wakilnya, masing-masing cakada pasti juga memerlukan konsolidasi internal yang juga melibatkan kesepakatan-kesepakatan dan pembagian tugas dalam menghadapi kontestasi Pilkada," tambahnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT IAD, Kejati Bengkulu Gelar Kegiatan Donor Darah

Lanjut Mas Agus, sosok wakil jangan jadi beban bagi cakada, apalagi bila cakada tersebut terpaksa harus menggendong elektabilitas dan popularitas sang wakil.

BACA JUGA:Hadiri Reuni, Jonaidi SP Diakui Sebagai Orang Paling Berprestasi Semasa Sekolah

"Muaranya tentu dengan pertimbangan agar wakil cakada yang dipilih dapat berkontribusi signifikan dalam kemenangan kandidat cakada," pungkasnya.(Jalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: