KPU

Dukung Pelestarian Budaya, Dikbud Seluma Salurkan 202 Lengguai dan Kulintang ke BMA

Dukung Pelestarian Budaya, Dikbud Seluma Salurkan 202 Lengguai dan Kulintang ke BMA

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Seluma secara simbolis menyerahkan 202 Lengguai dan Kulintang Ke Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Seluma. --(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sebagai upaya dari pelestarian adat dan budaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Seluma secara simbolis menyerahkan 202 Lengguai dan Kulintang Ke Badan Musyawarah adat (BMA) Kabupaten Seluma

Alat kelengkapan adat dan kesenian tersebut diperuntukkan 202 desa dan kelurahan se-Kabupaten Seluma untuk keperluan adat. 

BACA JUGA:2.641 Warga Binaan Bengkulu Bakal Berikan Hak Suara di Pilkada 2024

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma Farzian mengatakan, pengadaan tersebut bersumberkan dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2024 dan sesuai dengan petunjuk dari kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). 

BACA JUGA:KPU Seluma Fasilitasi Pengadaan APK Paslon Peserta Pilkada 2024

"Pengadaan ini memang ada dari dana DAU Dinas Pendidikan, sesuai dengan petunjuk kementerian PMK. Ada 180 desa dan 22 kelurahan di Kabupaten Seluma. Mulai tanggal 24 Agustus kemaren sudah kita berikan ke BMA dan akan langsung dibagikan ke masing-masing pengurus adat di setiap desa dan kelurahan," jelasnya. 

BACA JUGA:Sidang Kasus Korupsi Dana BOS MAN 2 Kepahiang, 5 Saksi Bongkar Adanya SPJ Fiktif

Bukan hanya itu, sambung Farzian, Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma melalui Dinas pendidikan nantinya juga akan menyalurkan 1 buah Redap dan 1 set Rebana untuk masing-masing desa dan kelurahan se-Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Jumlah Wisatawan di Taman Pantai Berkas Menurun, Pengelola Minta Perbaikan Fasilitas

"Di pertengahan Oktober 2024 ini, Redap dan Rebana akan sampai ke kita dari penyedia. November baru akan kita bagikan," tutupnya.

(Jul) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: