KPU

Bawaslu Provinsi Bengkulu Tekankan Debat Pilgub Dilarang Saling Serang Pribadi

Bawaslu Provinsi Bengkulu Tekankan Debat Pilgub Dilarang Saling Serang Pribadi

Eko Sugianto, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu menekankan menjelang debat perdana calon Gubernur (Cagub) dan calon Wakil Gubernur (Wacagub) pada 31 Oktober mendatang dilarang saling serang pribadi.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Eko Sugianto, Anggota Bawaslu Provinsi BENGKULU menekankan menjelang debat perdana calon Gubernur (Cagub) dan calon Wakil Gubernur (Wacagub) pada 31 Oktober mendatang dilarang saling serang pribadi.

"Kita telah menyampaikan saat rapat bersama KPU dan tim Paslon (pasangan calon) agar tidak melakukan saling serang pribadi. Termasuk yang berkaitan dengan sara, golongan dan agama," kata Eko pada Jumat 25 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kampanye di Objek Vital PLTA Tes di Lebong, Helmi Hasan Dilaporkan ke Bawaslu

Ia berharap debat perdana Cagub dan Cawagub lebih mengemukakan ide dan gagasan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur oleh KPU terkait materi debat.

"Kalau saling serang ide dan gagasan itu lah yang kita harapkan tetapi bukan saling serang yang mengarah ke pribadi," ujarnya.

BACA JUGA:Cagub Nomor 1 Helmi Hasan Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Dugaan Penyalahgunaan Migor Bersubsidi

"Kita sudah sampaikan ke KPU kehadiran Bawaslu di debat bukan sebagai undangan tetap dalam rangka pengawasan maka semua potensi pelanggaran sudah kita inginkan," sambungnya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah menetapkan jadwal dan materi debat pemilihan gubernur (Pilgub) Bengkulu 2024. Penetapan berdasarkan hasil kesepakatan bersama pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

BACA JUGA:Sukses Jalankan Tugas, Paskibraka Kota Bengkulu 2024 Belum Terima Reward

Pelaksanaan debat dilakukan sebanyak tiga kali, untuk debat perdana dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2024, debat kedua pada 12 November 2024, dan debat ketiga pada tanggal 21 november 2024.

Sementara untuk lokasi debat direncanakan akan digelar di Ballrom Hotel Mercure Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Pengamat: Paslon Latar Belakang Birokrasi Diprediksi Kuasai Materi Debat Perdana Pilwakot

Debat juga akan disiarkan langsung di RBTV, TVRI, dan RRI untuk perdana. Kedua disiarkan langsung di BETV, TVRI, dan RRI, debat ketiga disiarkan langsung di TV Nasional, TVRI dan RRI.

Selain itu, KPU Provinsi Bengkulu juga telah menetapkan tim perumus debat sebanyak 5 orang terdiri dari akademisi. Diantaranya, Prof. Dr. Asnaini, MA dari Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno (UINFAS) dibidang Ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: