Dampak PMK, Jumlah Hewan Kurban Menurun

Dampak PMK, Jumlah Hewan Kurban Menurun

Penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Lebong ketika Idul Adha yang jumlahnya mengalami penurunan diduga akibat adanya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda disejumlah daerah dalam Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: Dwi/Betv)

BETVNEWS, - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong menyebut jumlah hewan kurban ditahun 2022 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumya. Penurunan jumlah hewan kurban diduga akibat adanya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda disejumlah daerah dalam Provinsi Bengkulu.

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, MH melalui Kasi Bimas Islam, Malvinas RBNS, SIP, M.Pd mengatakan berdasarkan data sementara yang dilaporkan masing-masing KUA 12 kecamatan, jumlah hewan kurban sebanyak 354 ekor yang terdiri dari 182 ekor Sapi dan 172 Kambing. Jumlah tersebut berkurang 74 ekor dibandingkan tahun 2021 lalu yang mencapai 428 ekor.

"Berkurangnya jumlah hewan kurban ini, sepertinya akibat adanya penyebaran wabah PMK. Meskipun wabah tersebut belum masuk ke wilayah Lebong, namun berdampak terhadap masuknya hewan kurban dari luar ke Kabupaten Lebong sangat berpengaruh," jelas Malvinas.

(D99)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: