Nelayan Penago I Gelar Larungan

Nelayan Penago I Gelar Larungan

Prosesi pelaksanaan Larungan di desa Penago I Kecamatan Ilir Talo sebagai wujud syukur atas rezeki yang didapat, pada Senin 08 Agustus 2022 dengan melakukan pemotongan kepala kambing. --(Sumber Foto: Wisnu/Betv)

BETVNEWS, - Sebagai wujud syukur atas rezeki yang didapat, pada Senin (8/8) siang, para nelayan Desa Penago I menggelar kegiatan larungan atau sedekah laut, kegiatan tersebut merupakan ritual dengan melakukan pemotongan kepala kambing. 

BACA JUGA:Festival Tabut 2022 Ditutup

Kades Penago 1 Rustam Efendi mengatakan, kegiatan larungan ini merupakan salah satu kegiatan rutin para nelayan, dan sebagai ungkapan syukur ditengah laut atas berlimpahnya rezeki diberikan oleh Allah SWT pada saat melaut.

"Larungan ini, dilakukan sebagai ungkapan syukur nelayan kepada sang pencipta, atas limpahan rezeki yang diberikan pada saat melaut," sampai Rustam Efendi.

BACA JUGA:Pingsan di Hotel Kawasan Lapangan Golf, Pria Lansia Tewas

Sementara itu, dalam proses larungan yang dilakukan oleh para nelayan, pemotongan kambing merupakan sebuah simbol yang dipercaya masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur, dimana kegiatan ini dilaksanakan pada 10 Muharram setiap tahunnya.

"Setiap tahun kita laksanakan pada 10 Muharram atau 10 suro, dengan swadaya masyarakat. Kita harap, dengan kegiatan ini nantinya dapat menambah penghasilan para nelayan," tutupnya.

(Wisnu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: