Harga Karet Turun, Petani Ngeluh

Harga Karet Turun, Petani Ngeluh

Yusirwan, Petani Karet di Bengkulu Tengah yang mengeluhkan harga karet yang saat ini terus turun hingga tinggal Rp. 8 ribu/kg, Minggu 14 Agustus 2022.--(Sumber Foto: Ronal/Betv)

BETVNEWS, - Saat harga tandan buah segar (TBS) Kelapa Sawit mulai berangsur naik, saat ini berbanding terbalik dengan harga karet yang saat ini terus turun. Saat ini harga karet di petani tinggal Rp. 8 ribu hingga Rp. 9 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga karet di Bengkulu Tengah sudah mencapai Rp. 11 ribu perkilogram.

BACA JUGA:Lakalantas di Putri Hijau, Pelajar Meninggal Dunia

Penurunan harga yang cukup signifikan tersebut, sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir ini. Diungkapkan Yusirwan petani karet di Bengkulu Tengah, bahwa saat ini para petani merasa ditipu oleh pihak pengepul karena harga yang di petani jauh sekali dengan harga Pabrik.

"Kami merasa harga karet ini dipermainkan oleh pengepul, selain itu harga di petani saat ini mulai turun dari harga sebelumnya, kondisi tersebut cukup berdampak pada kami petani karet," ungkap Yusirwan.

Turunnya harga karet tersebut, berdampak dengan daya beli para petani. Karena memang saat ini harga bahan pokok terus mengalami kenaikan, sehingga hal ini sangat dikhawatirkan para petani.

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Pemalsuan Dokumen, Meninggal di Rumah Tahanan

"Kami para petani dihadapi pula dengan kondisi pohon karet yang ngetrek atau gugur daun akibat kondisi cuaca, sehingga tidak dapat disadap," tambahnya.

Para petani juga khawatir jika sampai karet terus mengalami penurunan harga, apalagi bisa mencapai Rp. 5 ribu per kilogram, maka ekonomi mereka akan sangat bermasalah.

(Ronal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: