Peringatan Hari Perawat Nasional 17 Maret 2023, Cek Ungkapan Perayaannya di Sini!

Peringatan Hari Perawat Nasional 17 Maret 2023, Cek Ungkapan Perayaannya di Sini!

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pinterest)

BETVNEWS - Diperingati Hari Perawat Nasional pada Jumat 17 Maret 2023. Dalam rangka sebagai wujud momentum mengapresiasikan peran perawat dalam dunia kesehatan.

Sebagaimana profesi yang dijalankan perawat tidaklah mudah, sehingga dibutuhkan perjuangan cukup panjang bagi seseorang untuk dapat mencapai predikat perawat.

BACA JUGA:IKJT dan Musik Patrol, Ikut Meriahkan HUT ke-304 Kota Bengkulu

Perayaan tersebut telah diperingati sebagai peringatan ke-49, dengan bertajuk "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme". Tema itu serupa dengan tema HUT PPNI 2023 pada 17 Maret.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indobnesia (KBBI), perawat ialah yang mendapatkan pendidikan khusus dalam merawat, khususnya merawat orang sakit.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Adat Ikuti Rakernas AMAN ke-VII di Rejang Lebong

Dihimpun dari berbagai sumber, peringatan Hari Perawat Nasional tidak terlepas dari hari pendirian Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974.

Organisasi PPNI yang didirikan merupakan suatu pencapaian dalam perkembangan profesi keperawatan. Keperawatan di Indonesia tersebut memiliki beberapa riwayat sejarah cukup panjang.

BACA JUGA:29 Group Ikuti Festival Qasidah Rebana di Better Home

Sebelum tahun 1974, organisasi perawat di Indonesia telah berkembang pesat pada zamannya. Dengan adanya rumah sakit yakni Residen Vpabst pada 1819 di Batavia (Jakarta).

Hanya saja saat itu, Residen Vpabst sudah berubah menjadi Stadsverband pada 1919, lalu berkembang menjadi Central Burgerlijke Zieken Inrichting (CBZ) di Salemba. Rumah sakit tersebut kini dikenal sebagai Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

BACA JUGA:Pedagang Pasar Panorama Lapor Polisi, Ngaku Dianiaya Saat Penertiban Lapak

Hingga saat itu perawat telah memiliki sejumlah perkumpulan dalam wadah organisasi perawat, serta menjalankan suatu pergerakan menentukan martabat sebagai profesi seorang perawat. Sejumlah organisasi perawat tersebut antara lain:

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Kurma yang Menyehatkan, Salah Satunya Menjaga Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: