2 Agustus Diperingati Sebagai Hari Melampaui Batas, Ternyata Ini Sejarah dan Tujuannya

Rabu 02-08-2023,17:00 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Simak informasi mengenai peringatan  Hari Melampaui Batas  yang diperingati pada 2 Agustus, termasuk sejarah dan tujuan.

Earth Overshoot Day atau Hari Melampaui  menjadi peringatan yang dirayakan pada 2 Agustus.

BACA JUGA:2 Agustus Memperingati Apa? Ini Daftar Peringatan Secara Nasional Maupun Internasional Hari Ini

Hari Melampaui Batas mengacu pada tanggal ketika permintaan manusia akan sumber daya dan layanan ekologis pada tahun tertentu melebihi apa yang dapat diregenerasi oleh Bumi pada tahun itu.

Earth Overshoot Days atau Hari Melampaui Batas adalah hari dimana sumber daya alam yang akan digunakan oleh manusia selama sisa tahun berjalan tidak dapat dikembalikan.

BACA JUGA:Sejarah dan Tujuan Hari ASI Sedunia, Diperingati Setiap 1 Agustus

Sejarah Hari Melampaui Batas

Hari Melampaui Batas diperingati secara tidak resmi sejak tahun 1987 oleh Global Footprint Network pada tanggal 19 Desember.

Kemudian akan diperingati pada tahun-tahun berikutnya sebagai pengingat bahwa generasi sekarang sedang "meminjam" sumber daya alam yang seharusnya dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Earth Overshoot Days diadakan untuk mengingatkan seluruh umat manusia betapa pentingnya masa depan sumber daya alam dengan populasi manusia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:1 Agustus 2023: Hari Kanker Paru-paru Sedunia, Simak 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Pada tahun 1975, total populasi manusia di bumi adalah 4,1 miliar; pada tahun 2013 jumlahnya mencapai 7,3 miliar dan pada tahun 2050 populasi manusia diproyeksikan menjadi sekitar 9 miliar jiwa.

Permintaan pangan, air, dan energi diperkirakan meningkat dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Hari Melampaui Batas adalah pengingat bahwa tingkat permintaan yang begitu tinggi memberikan tekanan ekologis yang sangat besar pada satu planet kita.

Earth Overshoot Days sekaligus dapat menunjukkan negara mana yang benar-benar dapat menggunakan sumber daya alamnya secara efisien sehingga cadangan sumber daya alamnya dapat lestari dan dapat dimanfaatkan lebih banyak oleh generasi mendatang.

BACA JUGA:Sejarah Hari Kanker Paru-paru Sedunia 1 Agustus, Ternyata Ini Tujuan Utamanya

Kategori :