2 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan

Jumat 01-12-2023,23:08 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

2.  Hari Pendidikan Khusus

Hari Pendidikan Khusus diperingati pada tanggal 2 Desember setiap tahunnya.

Peringatan ini diadakan untuk memperingati penandatanganan Undang-Undang Pendidikan Penyandang Disabilitas menjadi undang-undang pada 2 Desember tahun 1975 (IDEA).

Pada tahun 1972, ada penolakan terhadap pendidikan yang didanai pemerintah untuk anak-anak berkebutuhan khusus, termasuk mereka yang memiliki ketidakmampuan belajar. 

Hal tersebut kemudian membuka jalan bagi tindakan seperti Undang-Undang Pendidikan untuk Semua Anak Cacat tahun 1975, yang disetujui dan disahkan oleh Presiden Gerald Ford pada tanggal 29 November di tahun yang sama.

BACA JUGA:27 November Memperingati Hari Adopsi Penyu, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Undang-undang tersebut merupakan undang-undang resmi pertama di negara tersebut yang mengatur pendidikan khusus.

 

Pada tahun 1986, undang-undang tersebut direvisi untuk mencakup lebih banyak dukungan bagi orang tua dan pendidik serta untuk memajukan rencana pendidikan. Pada tahun 1990, nama undang-undang penting ini diubah menjadi Undang-Undang Pendidikan Individu Penyandang Disabilitas atau IDEA. 

BACA JUGA:26 November Memperingati Hari Anti Obesitas, Cek Daftar Peringatan Lain pada Tanggal Ini

IDEA memberikan akses kepada anak-anak berkebutuhan khusus terhadap pendidikan publik yang gratis dan berkualitas. Undang-undang ini telah direvisi beberapa kali namun intinya tetap sama, dan merupakan dasar bagi pendidikan khusus di AS.

Untuk mendukung undang-undang ini, banyak organisasi berjanji untuk memberikan pendidikan yang baik kepada siswa berkebutuhan khusus. 

Hari Pendidikan Khusus dimulai pada tahun 2005, yakni pada peringatan 30 tahun IDEA.

BACA JUGA:25 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Internasional Pengapusan Kekerasan terhadap Perempuan

3.  Hari Pencegahan Polusi Sedunia

Hari Pencegahan Polusi Sedunia diperingati setiap tanggal 2 Desember. Hari ini diciptakan untuk menanamkan kesadaran akan pencemaran lingkungan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan kita dan planet ini. 

Kategori :