Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Musim Hujan Karena Bisa Datangkan Penyakit, Apa Saja?

Jumat 12-04-2024,20:34 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

3. Jamur

Jamur menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun pada musim hujan, jamur dapat menjadi tempat pertumbuhan bagi bakteri-bakteri sehingga sebaiknya hindari konsumsi jamur pada musim hujan. 

BACA JUGA: Sering Bikin Ragu, Perlukah Memakai Sunscreen Saat Musim Hujan? Cari Tahu Jawabannya di Sini

4. Makanan Mentah

Makanan mentah memang seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk di konsumsi, seperti sushi misalnya. Memakan makanan mentah diyakini dapat mempertahankan nutrsisi di dalam makanan. 

Namun saat musim hujan, mengonsumsi makanan mentah baik berupa ikan mentah. daging mentah, bahkan sayuran mentah sekalipun sangat tidak dianjurkan. 

BACA JUGA:Kasus DBD dan ISPA Berpotensi Naik Saat Musim Hujan, Begini Imbauan Dinkes Kota Bengkulu

Makanan mentah dapat menjadi jalan masuk patogen yang dapat mengakibatkan infeksi bakteri dan virus. Oleh sebab itu sebaiknya masak makanan hingga matang sebelum dikonsumsi untuk membunuh bakteri. 

5. Makanan Yang Digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng seperti gorengan telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:Waspada Potensi Bencana Alam, BPBD Seluma Siapkan Langkah Hadapi Musim Hujan

Makan terlalu banyak gorengan memang tidak sehat untuk tubuh. Terutama saat musim hujan dimana udara menjadi lebih lembab. Hal ini karena udara lembab membuat kecepatan kerja sistem pencernaan menjadi lambat sehingga proses pencernaan pun ikut melambat. 

Mengonsumsi gorengan pada waktu ini akan memperberat proses pencernaan sehingga dapat menimbulkan keluhan tidak nyaman seperti mual, nyeri ulu hari dan beragam keluhan lain. 

BACA JUGA:Musim Hujan Bikin Rawan Sakit? Jangan Khawatir, 5 Cara Ini Akan Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuhmu

6. Buah Yang Dijual di Area Terbuka

Mengonsumsi buah-buahan biasanya dianjurkan karena buah merupakan makanan yang menyehatkan. Di Indonesia, buah-buahan juga banyak di jual di aera terbuka seperti tepian jalan. 

Kategori :