Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Musim Hujan Karena Bisa Datangkan Penyakit, Apa Saja?

Jumat 12-04-2024,20:34 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari saat musim hujan karena dapat memberikan efek buruk pada kesehatan tubuhmu. 

BACA JUGA:Waspada Kencing Tikus Kerap Muncul Saat Musim Hujan, Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

Musim hujan sendiri seringkali dianggap sebagai musim yang rentan mendatangkan berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itu, pemilihan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh juga perlu lebih diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat. 

Memang terdapat beberapa jenis makanan akan terasa nikmat saat dikonsumsi pada musim hujan, namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi sehingga memilah makanan yang masuk ke dalam tubuh saat musim hujan penting sebagai salah satu upaya pencegahan. 

BACA JUGA:Musim Hujan, Petani Karet di Seluma Keluhkan Hasil Getah Menurun

Untuk itu kamu perlu tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat musim hujan. Apa saja makanan itu? Simak dalam artikel berikut ini.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Musim Hujan 

1. Seafood

Mengonsumsi seafood atau makanan laut sebaiknya dihindari saat musim hujan tiba. Hal ini karena musim hujan adalah waktu bagi para makhluk laut untuk berkembang biak. Hal ini dapat mengurangi kesegaran ikan dan juga udang yang akan dikonsumsi. 

BACA JUGA:Musim Hujan di Seluma, Dinkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap Penyakit Penyerta

Pada musim hujan, keberadaan bakteri dan patogen di dalam air juga dikhawatirkan akan menempel pada ikan dan menginfeksi ikan tersebut. Dan jika ikan yang telah terinfeksi masuk ke dalam tubuh, hal tersebut akan menyebabkan penyakit. 

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran sejatinya merupakan bahan makanan yang sangat menyehatkan. Namun pada musim hujan, suhu dan kelembapan menjadi sangat tepat untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. 

BACA JUGA:Musim Hujan, DBD di Seluma Capai 27 Kasus Selama Januari

Oleh sebab itu, konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, kembang kol dan sebagainya sebaiknya dihindari saat musim hujan karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi lambung akibat bakteri maupun jamur tersebut. 

Kategori :