Pernah Dengar Soal Kolagen? Ini Manfaatnya untuk Tubuh, Bisa Kencangkan Kulit Lho!

Sabtu 04-05-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Manfaat kolagen untuk tubuh sangat beragam, baik untuk kesehatan tubuh hingga untuk kecantikan kulit yang tentunya dapat menunjang penampilan. 

BACA JUGA:Berikut Daftar Makanan Berkolagen Tinggi, Bagus Untuk Kesehatan Kulit, Cek Ada Apa Saja

Berkat manfaatnya yang populer terutama untuk kecantikan, maka tidak heran jika saat ini banyak sekali produk-produk kecantikan yang menambahkan kolagen sebagai bahan tambahan atau bahkan bahan dasar agar dapat mempercantik kulit. 

Namun ternyata manfaat kolagen ini lebih dari itu. Seperti yang dilansir dari laman siloam hospitals.com, kolagen sendiri merupakan protein alami di dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen serta memiliki beragam manfaat untuk tubuh. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan, Bikin Wajah Lembap hingga Rangsang Produksi Kolagen

Meski banyak yang mengenal kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, sebenarnya manfaat salah satu jenis protein yang satu ini lebih dari itu. Bahkan kolagen ini dapat menyumbang sekitar 30% dari total protein di dalam tubuh. 

Kolagen merupakan molekul protein berserat keras dan tidak larut sehingga berfungsi untuk menyatukan jaringan tubuh. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen di dalam tubuh dapat berkurang sehingga banyak orang mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. 

BACA JUGA:Inilah 5 Daftar Makanan Sumber Kolagen, Salah Satunya Blackberry, Bahan Alami Bagus untuk Kulit

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, kolagen memiliki banyak manfaat lain yang bisa kamu simak dalam artikel berikut. 

Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

1. Menjaga Kekuatan Rambut

Manfaat kolagen yang pertama adalah untuk menjaga kekuatan rambut. Oleh sebab itu seiring bertambahnya usia jumlah kolagen yang menurun di dalam tubuh dapat mengakibatkan penipisan rambut atau rambut rontok. 

BACA JUGA:Inilah 6 Sumber Kolagen Alami Bagi Tubuh untuk Jaga Kesehatan dan Penuhi Asupannya, Salah Satunya Vitamin C

Pada beberapa kasus, menurunnya kolagen di dalam tubuh ini dapat menyebabkan kebotakan terutama pada pria. 

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi asupan yang mengandung asam amino yang merupakan salah satu jenis protein yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen. 

Kategori :