12 Rekomendasi Buah Sehat Jitu Mengatasi Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh Kamu

Rabu 12-06-2024,15:14 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

1. Buah Zaitun

Buah ampuh atasi kolesterol tinggi adalah buah zaitun. Kamu mungkin mengenal zaitun sebagai minyak, namun tidak hanya minyaknya, buahnya pun memiliki banyak manfaat untuk organ dalam tubuh.

Mengonsumsi buah zaitunnya saja memiliki manfaat yang tidak kalah, khususnya untuk kolesterol. Buah zaitun mengandung asam oleat yang bisa meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Cara Turunkan kolesterol Tinggi pada Tubuh, Berhenti Merokok hingga Kelola Stres

2. Semangka

Buah ampuh atasi kolesterol tinggi berikutnya adalah semangka. Semangka disebut memiliki potensi untuk mencegah penyakit jantung karena kandungan buah ini yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan berbagai unsur bioaktifnya.

Berdasarkan sebuah studi dari Current Developments in Nutrition, konsumsi semangka dapat menurunkan trigliserida serta LDL, dan meningkatkan kadar HDL.

Konsumsi rutin buah ini setiap hari juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

BACA JUGA:7 Jenis Makanan Bikin Kolesterol Naik, Nggak Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Diet

3. Mangga

Buah ampuh atasi kolesterol tinggi berikutnya adalah mangga. Vitamin C yang terdapat di dalam buah mangga mampu menurunkan kadar koleterol jahat.

Mangga diketahui mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin  pada umumnya berfungsi sebagai antioksidan pemecah lemak.

BACA JUGA:5 Tips Cepat Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh, Apa Saja?

4. Anggur

Anggur menjadi salah satu buah yang ampuh atasi kolesterol tinggi di dalam tubuh. Anggur mengandung antioksidan quercetin yang dapat mencegah peradangan dalam tubuh.

Buah penurun kolesterol ini pun mengandung flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, ketika kadar kolesterol sedang tinggi segera stabilkan dengan mengonsumsi buah anggur.

Kategori :