Daun Pepaya hingga Cuka Apel, Ini 7 Tips Masak Daging Sapi agar Empuk dan Lezat

Kamis 13-06-2024,11:46 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Bagi kamu yang akan masak daging sapi saat lebaran Idul Adha, wajib tahu tips mengola daging sapi yang empuk dan lezat di sini.

Daging sapi merupakan salah satu bahan masakan yang paling banyak diolah ketika lebaran Idul Adha. Berkat rasanya yang enak, daging sapi sangat populer tidak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia.

BACA JUGA:Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 4 Cara Bikin Daging Kurban Tahan Lama

Namun seringkali olahan daging sapi keras dan alot padahal bumbu yang digunakan sudah benar dan cukup, siapa yang pernah mengalami? hal tersbut karena ada tips tersendiri agar daging empuk saat dimasak.

Salah satu tips mengolah daging sapi agar empuk adalah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya, kamu harus membungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya selama beberapa waktu.

Dengan begitu daging akan lebih empuk dan lezat saat diolah. Hal tersebut karena daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat melunakkan daging. Selain itu, buah nanas, memukul-mukul daging, direbus dengan waktu yang lama, dan daun nangka juga dapat membuat daging cepat empuk.

BACA JUGA:5 Resep Minuman Segar dan Simple Ini Cocok Disajikan Saat Lebaran Idul Adha

Melansir dari fimela.com, berikut tips masak daging sapi agar empuk:

1. Bungkus Daging Menggunakan Daun Pepaya

Tips measak daging sapi agar empuk yang pertama adalah dengan dibungkus daun pepaya. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi mengempukkan daging.

Oleh karena itu, cara ini kerap kali dilakukan olah masyarakat Indonesia sebelum mengola daging sapi. 

Kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar daun pepaya kemudian bungkus daging yang sudah dipotong secara rapat dan diamkan lebih kurang selama 1 jam baru daging tersebut diolah.

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jelang Idul Adha, Pemkab Bengkulu Utara Gelar Gerakan Pangan Murah

Hasilnya, olahan daging sapi yang sudah melalui proses tersebut akan lebih cepat empuk dibandingkan dengan daging yang tidak dibungkus daun pepaya.

2. Marinasi Daging dengan Buah Nanas

Kategori :