Calon Orang Tua Perlu Hati-hati! 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Anak Alami Stunting

Kamis 20-06-2024,11:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sperti yang dilansir dari laman halodoc.com menerangkan bahwa stunting merupakan perawakan pendek pada balita yang terjadi akibat kekurangan gizi kronik. 

BACA JUGA:Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Selain akibat kekurangan gizi, terdapat beberapa faktor lain yang menjadi penyebab stunting pada anak. Apa saja penyebab tersebut? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

Penyebab Stunting pada Anak

1. Kurang Gizi dalam Waktu Lama

Penyebab utama stunting pada anak adalah kurangnya gizi pada anak yang bisa terjadi sejak anak berada di dalam kandungan. 

BACA JUGA:Pemkot Siapkan Langkah Strategis Menuju Kota Bengkulu Bebas Stunting

Hal ini biasanya disebabkan oleh ibu yang tidak memiliki akses terhadap makanan sehat dan bergizi seperti makanan yang mengandung protein tinggi sehingga menyebabkan anak kekurangan nurtisi. 

Tidak hanya itu rendahnya asupan vitamin dan mineral yang dikonsumsi ibu juga bisa ikut memengaruhi kondisi malnutrisi pada janin. Kekurangan gizi sejak dalam kandungan inilah yang juga bisa menjadi penyebab terbesar kondisi stunting pada anak.

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Berkomitmen Dukung Upaya Pemerintah dalam Penurunan Stunting

2. Pola Asuh Kurang Efektif

Tidak hanya kurang gizi, pola asuh yang kurang efektif juga menjadi salah satu penyebab stunting pada anak. Pola asuh ini berkaitan dengan perilaku dan pemberian makanan pada anak. 

Jika orangtua tidak memberikan asupan gizi yang baik, maka anak bisa mengalami stunting. Selain itu, faktor ibu yang masa remaja dan kehamilannya kurang nutrisi serta masa laktasi yang kurang baik juga dapat memengaruhi pertumbuhan dan juga otak anak.

BACA JUGA:Wujudkan Kota Bengkulu Bebas Stunting, Pemkot Siapkan Anggaran Rp20 Miliar

3. Pola Makan

Pola makan juga menjadi penyebab stunting pada anak. Rendahnya akses terhadap makanan dan juga nilai gizi tinggi serta makanan yang tidak seimbang mempengaruhi pertumbuhan anak serta meningkatkan resiko stunting. 

Kategori :