Punya Jerawat di Wajah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini

Selasa 09-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:Atasi Jerawat hingga Lembapkan Kulit, Kenali Sederet Manfaat Buah Melon Bagi Kecantikan

Namun, jika pengelupasan sel kulit mati terjadi terlalu berlebihan atau abnormal tidak berdampak baik untuk kesehatan wajah. Hal ini karena sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan peradangan pada kulit.

3. Bakteria

Penyebab jerawat di wajah berikutnya adalah bakteri. Penymbatan yang terjadi pada pori-pori wajah akan mengumpulkan bakteri yang bisa mengakibatkan peradangan.

Saat itu terjadi, sel darah putih akan bercampur dengan sel kulit mati yang akhirnya menjadi nanah. 

Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat di wajah, bisa dengan cara mengolsekan atau mengkonsumsi obat atau dengan cara melakukan perawatan. Siamak di bawah ini ulasan selengkapnya:

BACA JUGA:Intip 5 Penyebab Utama Jerawat di Area Leher, Berikut Cara Mencegahnya Agar Tak Datang Kembali

1. Obat-obatan yang dioleskan

Cara mengatasi jerawat di wajah yang pertama adalah dengan mengolsekan obat yang memiliki kandungan untuk menghilangkan jerawat atau membantu meredakan peradangan.

Untuk obat yang dioleskan kamu bisa mencoba Clearasil, Stridex, PanOxyl yang berbentuk gel. Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu kamu juga bisa mengoleskan sesuatu yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini dipercaya ampuh menghilangkan lapisan kulit yang rusak. Tidak hanya itu, kandungan ini juga berfungsi untuk mencegah penyumbatan di pori-pori. 

Tidak hanya salisilat, asam azelaic juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pembengkakan yang  terjadi akibat jerawat. Mengoleskan vitamin A juga dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat.

BACA JUGA:Gagal Glowing! Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tak Ingin Jerawat Makin Banyak di kulit Wajah Kamu

2. Obat-obatan yang diminum 

Cara mengatasi jerawat di wajah berikutnya adalah dengan mengkonsumsi antibiotik tetrasiklin seperti minosiklin dan doksisiklin.

Kategori :