Apersi Komitmen Bangun Rumah Subsidi yang Berkualitas di Bengkulu

Selasa 09-07-2024,15:02 WIB
Reporter : CW
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan tema "Bersinergi Bersama Stakeholder dalam Penyediaan Rumah Rakyat" pada Selasa 9 Juli 2024.

Rakerda ini merupakan wadah diskusi penting bagi para pengembang perumahan di wilayah Bengkulu dalam mendorong pembangunan perumahan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.

BACA JUGA:6 Makasan Rumahan Simple yang Wajib Dicoba, Cek Resep Bumbu Kaldu Ceker Pedas di Sini

Ketua DPD Apersi Provinsi Bengkulu, Asman, menegaskan bahwa Rakerda adalah amanat organisasi yang bertujuan untuk mengevaluasi program kerja.

Selain itu, Dalam pembangunan rumah pihaknya berpegang teguh pada aturan - aturan yang diberlakukan oleh PUPR tentang kualitas rumah yang memadai bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

"Kualiti kontrol ini kan punya pemerintah, jadi kami sebagai penyedia rumah tidak bisa bermain-main sebab akan berpengaruh dengan segi penjualan. Kualitas menentukan segi penjualan karena sudah terbentuk dengan sendirinya dengan berkomenteter dan kompetensi antar pengembang masing-masing," ujar Asman.

BACA JUGA:BSI Dorong Penyaluran Rumah Subsidi 2023 Lewat Gema Tapera

Sementara, Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Apersi, Junaidi Abdillah mengatakan fokus pihaknya saat ini adalah pembanguan rumah untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. 

Dirinya berharap dengan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota dapat tercipta lingkungan perumahan yang lebih baik dan berkualitas di Bengkulu.

BACA JUGA:Pemprov Bangun 3 Kolam Retensi Pengendali Banjir di Kota Bengkulu, Ini Tahapannya

"Poinnya bahwa Apersi ini berfokus pada membangun rumah subsidi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan saya berharap apa yang disampaikan bapak asisten, rekan-rekan Apersi harus tetap konsisten membangun rumah bagi MBR yang layak huni dan kualitas tetap terjaga," kata Junaidi.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Asisten II Provinsi Bengkulu, RA Denny bahwa pihaknya  mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya Apersi dalam mendorong pembangunan perumahan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.

BACA JUGA:Bantuan 436 Unit Pompa Air Dibagikan kepada Petani Sawah di Bengkulu

Ia menegaskan komitmen pemerintah untuk terus bekerja sama dengan Apersi dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh sektor perumahan, termasuk perizinan, infrastruktur, dan akses pembiayaan.

"Jadi kita hari ini (Selasa, red) menghadiri Rakerda Apersi mengenai pembangunan rumah bersubsidi, tadi kita sudah sampaikan didepan forum bahwa pemerintah daerah akan berkomitmen dalam membantu perizinan dan sebagainya. Tetapi kita juga mengharapkan bahwa pemerintah kota ikut andil dan kolaborasi  karena dalam hal ini mengenai perizinan itu ada di kota," kata RA Denny.

Kategori :