5 Cara Cegah Osteoporosis, Lakukan Sejak Dini Jika Tidak Ingin Menyesal

Selasa 09-07-2024,15:27 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Cara mencegah penyakit obesitas perlu dilakukan sejak dini lantaran penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. 

BACA JUGA:Tak Dapat Disembuhkan, Ketahui Penyebab dan Faktor Resiko Penyebab Osteoporosis Ini

Oleh sebab itu, melakukan tindakan pencegahan sangat diperlukan agar kondisi tulang akan tetap terjaga hingga usia lanjut. 

Osteoporosis sendiri merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan adanya penurunan kepadatan tulang dan menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan rentan mengalami patah tulang. 

BACA JUGA:Ini 8 Gejala Osteoporosis yang Sering Dianggap Angin Lalu, Apa Saja?

Osteoporosis adalah penyakit tulang keropos yang memiliki sifat khas berupa terjadinya penurunan massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga menimbulkan kerapuhan tulang. 

Penyakit osteoporosis memiliki julukan silent disease lantaran proses kepadatan tulang ini berkurang secara perlahan dan berlangsung secara progresif selama bertahun-tahun tanpa disadari oleh penderitanya dan tanpa gejala yang jelas. 

BACA JUGA:Dijuluki Silent Disease, Yuk Kenali Apa Itu Osteoporosis yang Kerap Dialami Wanita Jelang Menopause

Seseorang yang mengidap penyakit osteoporosis ini memiliki tulang yang mudah retak atau patah lantaran kepadatan tulang yang mereka miliki berkurang signifikan. 

Data Intenational Osteoporosis Foundation menyebutkan jika 1 dari 3 wanita dan 1 dari 5 pria pada usia 50 tahun ke atas di seluruh dunai mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kelapa Tua Kering yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Osteoporosis

Sementara di Indonesia sendiri, Kemenkes RI mencatat jika prevalensi osteoporosis di Indonesia sebesar 23% terjadi pada wanita berusia 50-80 tahun, dan 53% pada wanita yang berusia 80 tahun keatas.

Perlu diingat jika saat seseorang terkena penyakit ini, maka penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan sempurna sehingga tentu saja kondisi ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

BACA JUGA:6 Manfaat Biji Semangka yang Sayang Dilewatkan, Dipercaya Ampuh Mencegah Osteoporosis

Pada kondisi osteoporosis parah, penderitanya dapat mengarami keretakan tulang atau patah tulang saat mengalami bersin-bersin atau batuk berkali-kali. 

Kategori :