Bahaya! Ini 5 Dampak Toxic Relationship pada Dirimu, Bisa Picu Stres Kronis

Sabtu 13-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Mengalami Toxic Relationship, Salah Satunya Tidak Mendapat Dukungan

3. Memicu Stres kronis

Toxic relationship dapat menyebabkan stres pada seseorang dan melemahkan mental serta fisik mereka padahal stres merupakan hal yang perlu dihindari. 

Hal ini lantaran stres kronis dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk semua masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang termasuk pada sistem kekebalan tubuh, kesehatan tiroid, hingga gangguan mood. 

BACA JUGA:6 Bahaya Toxic Parents yang Wajib Diketahui, Bisa Bikin Anak Rendah Diri

4. Memicu peradangan tubuh

Bukan hanya berpengaruh pada mental, toxic relationship juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh seperti dapat menyebabkan munculnya peradangan pada tubuh. 

Hal ini lantara ketegangan dan konflik yang terjadi di dalam hubungan toxic dapat membuat tubuh terus menerus melarikan diri atau melawan dimana kondisi tidak boleh terjadi sertiap hari. 

BACA JUGA:5 Perilaku Toxic Orang Tua yang Tidak Disadari, Nomor 1 Sering Dilakukan

Hal ini lanyaran jika tubuh terus menerima mode ini, maka sinyal yang ada di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan benar. 

Seperti yang dilansir dari lamam halodoc.com, respon melawan yang terjadi terus menerus ini justru dapat membuat tingkat peradangan melonjak dan menyebabkan masalah kesehatan yang parah. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! 7 Dampak Toxic Parents Ini Fatal untuk Anak, Bisa Tulari Anak di Masa Depan

Bukan hanya itu saja, stress secra signifikan juga dapat mengubah sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan peradangan. 

5. Memperpendek umur

Dampak toxic relationship yang berikutnya adalah dapat meperpendek umur seseorang lantaran baik tidaknya hubungan ternyata dapat mempengaruhi umur seseorang. 

Hubungan yang baik dan juga bahagia telah terbukti mampu meningkatkan peluang hidup seseorang lebih lama lantaran mereka dapat menahan hal-hal yang dapat menyebabkan penuaan seperti stres. 

Kategori :