Masya Allah! Ini 5 Keutamaan Bulan Muharram yang Bikin Kamu Makin Semangat Beribadah

Senin 15-07-2024,10:27 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Adapun beberapa keistimewaan bulan Muharram ini di antaranya adalah sebagai berikut. 

Keistimewaan Bulan Muharram

1. Merupakan Bulan Allah

Kesitimewaan pertama dari bulan Muharram adalah bulan ini disebut sebagai bulan Allah (Syahrullah) lantaran bulan ini memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan dengan bulan lainnya. 

Seperti yang dilansir dari laman detik.com, Syekh Jalaluddin As-Suyuti menerangkan jika kelebihan bulan Muharram ini terletak pada namanya yang Islami apabila dibandingkan dengan nama bulan lainnya. 

BACA JUGA:Inilah Bacaan Doa Saat Sedekah, Amalan Penuh Berkah di Bulan Muharram

Nama bulan Hijriyah lainya selain bulan Muharram ini merupakan nama bulan yang digunakan pada masa jahiliah. 

Pada era masyarakat jahiliyah, bulan Muharram dinamai bulan Shafar awal dan bulan setelah Muharram dinamakan bulan Shafat Tsani. 

BACA JUGA:Warga Panca Mukti Lestarikan Tradisi Syukuran 10 Muharram

Lalu setelah agama Islam datang, Allah menyebut bulan Shafar Awwal engan sebutan bulan Muharram yang dinisbatkan dengan nama asma-Nya. 

2. Bulan Dilipatgandakan Pahala

Keistimewaan bulan Muharram selanjutnya adalah bylan ini merupakan bulan dilipatgandakannya pahala. Tidak hanya itu, di bulan ini Allah SWT juga melarang umat Islam untuk melakukan kedzaliman. 

BACA JUGA:9 Amalan Sunnah Idul Adha yang Tidak Boleh Dilewatkan, Yuk Kumpulkan Pahala Sebanyak Mungkin!

Hal ini lantaran pada bulan ini, amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya dan begitu juga dengan dosa. Pada bulan ini, dosa juga akan dilipatgandakan sehingga sebaiknya bulan ini diisi dengan kebaikan. 

3. Terdapat Hari Asyura

Keistimewaan bulan Muharram lainnya adalah adanya hari Asyura yang jatuh pada hari ke sepuluh di bulan Muharram dan dianggap sebagai hari yang paling istimewa di dalam bulan ini. 

Kategori :