Waspadai 7 Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan Ini, Bisa Sebabkan Stroke

Selasa 16-07-2024,02:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Bahaya perut buncit untuk kesehatan tubuh perlu dihindari karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:5 Jenis Makanan Sebabkan Perut Buncit dan Kolesterol Naik, Cek di Sini Daftarnya

Namun sayangnya masih banyak yag mengabaikan permasalahan yang satu ini dan sering dianggap sebagai masalah sepele. 

Padahal perut buncit ini dapat mengarah ke hal yang lebih serius seperti status kegemukan yang sangat serius, yaitu obesitas sentral. 

BACA JUGA:Cukup Konsumsi Rutin, 5 Makanan Ini Bisa Hempas Perut Buncit Selamanya, Cek Apa Saja

Bukan hanya itu saja, jika ukuran perut buncit terus bertambah, maka kondisi tersebut tentunya dapat meningkatkan resiko terhadap masalah kesehatan yang lebih besar pula. 

Perut buncit sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk bagian perut yang besar. Perut buncit ini biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan lemak pada perut. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Olahraga untuk Hilangkan Perut Buncit, Ampuh dan Aman!

Lemak yang menumpuk pada perut ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak subkutan yang dapat terlihat dengan cara dicubit dan juga lemak viseral yang tidak terlihat karena berada di sekitar organ tubuh. 

Lemak viseral inilah yang serignkali disandingkan dengan obesitas perut karena selain sulit untuk dihilangkan, lemak ini juga berbahaya lantaran dapat meningkatkan resiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung. 

BACA JUGA:Mudah dan Efektif! Ini 7 Cara Atasi Perut Buncit yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Perut buncit dapat dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Meski demikian, wanita lebih rentan mengalami hal ini karena wanita cenderung memiliki kadar lemak tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pria. 

Hal ini karena kadar normal lemak tubuh yang ada pada wanita cenderung lebih banyak dibandingkan pada pria. Kadar normal kemak tubuh wanita sendiri berada di kisaran 25-30%. 

BACA JUGA:7 Bahaya Perut Buncit untuk Kesehatan, Bisa Sebabkan Hepatitis hingga Asma

Sementara pada pria, angka lemak tubuh yang mereka miliki adalah sekitar 18-25% saja sehingga tidak heran jika wanita seringkali mengeluhkan soal lemak perut mereka. 

Kategori :