Bawang Putih Punya Kandungan Vitamin C, Ini 8 Manfaat bagi Kesehatan

Kamis 18-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

3. Meningkatkan daya ingat

Hal yang lebih menarik, bawang putih mentah ternyata dapat meningkatkan daya ingat. Meski harus diteliti lebih lanjut, banyak studi yang menujukkan bahwa mengonsumsi bawang putih segar dapat meningkatkan daya ingat pada otak, bahkan mendukung kesehatan otak.

BACA JUGA:5 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah, Salah Satunya Cegah Jerawat, Begini Cara Buatnya

Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih ini, dinilai dapat menghambat kerusakan pada sel-sel tubuh seiring bertambahnya usia, termasuk sel otak.

Meski kandungan yang terdapat pada bawang putih mentah ini memiliki manfaat yang banyak, kamu harus tetap batasi untuk mengonsumsi bawang putih secara mentah tersebut.

Jangan memakan bawang putih mentah lebih dari 2 siung perharinya, bila dimakan berlebih dapat menyebabkan mulut terasa panas, perut kembung, bahkan diare.

BACA JUGA:Cek 8 Ragam Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan, Nomor 1 Paling Disukai Wanita

4. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi bawang putih mentah dapat menstabilkan tekanan darah yang mana risiko terkena komplikasi hipertensi, stroke dan penyakit jantung bisa diminimalkan.

Bagi penderita hipertensi, menurut studi manfaat dari memakan bawang putih mentah yang diperoleh dari kandungan allicin di dalamnya, dapat menurunkan tekanan darah.

Melebarkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah dapat turun, mampu dilakukan oleh zat allicin ini.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Seledri untuk Wanita, Lindung Tubuh dari Beragam Masalah Kesehatan Ini

5. Atasi Rambut Rontok

Tahukah, ternyata mengonsumsi bawang putih juga dapat untuk mengatasi permasalahan rambut seperti rontok. Hal ini bisa jadi jarang diketahui, tidak hanya dimakan namun juga untu kesehatan rambut.

Sebagaimana bawang putih punya kandungan zat sulfur dan keratin tinggi, sehingga dapat membantu perkuat dan pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Selain itu, bisa juga mengatasi permasalahan alopecia ataupun kebotakan, sehingga dengan konsumsi bawang putih mentah dapat mencegah hal tersebut.

6. Mencegah penyakit jantung

Kategori :