Cukup Lakukan Kebiasaan Ini Biar Bisa Mengatasi Insomnia, Salah Satunya Konsumsi Makanan Sehat

Senin 22-07-2024,22:36 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Insomnia menjadi salah satu gangguan tidur yang kerap dialami banyak orang. Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan agar bisa mengatasi insomnia.

Beberapa cara ini cukup mudah dan dapat kamu lakukan rutin setiap hari. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Gangguan tidur ini sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Sehingga penting menjaga waktu istirahat, khususnya bagi mereka yang begadang.

BACA JUGA:Cara Mudah Biar Anak Tidur Nyenyak Tanpa Mengigau, Kamu Perlu Lakukan 7 Hal Ini

Meski terkesan sepele karena menganggap begadang tidak masalah. Namun, hal ini ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika sering dialami.

Masalah kesehatan seperti insomnia ini terjadi kepada orang yang kesulitan tidur. Kondisi tersebut membuat seseorang tidak dapat beristirahat di malam hari.

Pasalnya orang yang terkena insomnia tidak dapat tidur cepat dan nyenyak. Seperti yang diketahui, umumnya setiap orang membutuhkan waktu istirahat sekitar 7-8 jam per harinya.

BACA JUGA: Buah Kiwi Cakap Tingkatkan Kualitas Tidur, Yuk Cek Manfaat Kesehatan Lainnya di Sini

Bahkan, insomnia ini bisa membuat seseorang tidak dapat beraktivitas secara maksimal di pagi hari. Membuat tubuh semakin lelah dan kurang bersemangat.

Untuk itu, perlunya istirahat yang cukup agar dapat menjalani hari lebih baik. Selain itu tetap menjaga kesehatan adalah hal yang utama agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Dilansir dari laman alodokter.com, berikut beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia.

BACA JUGA:Auto Sehat dan Bugar, Inilah 5 Tips Tidur Malam Berkualitas untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Menjaga pola makan sangat penting bagi tubuh, dalam hal ini juga berpengaruh untuk mengatasi insomnia.
Sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi serta karbohidrat kompleks saat menjelang tidur.

Hal ini terjadi karena jenis makanan itu bisa memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat. Selain itu kamu harus menghindari makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein sebelum tidur, sebab bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Kemudin, saat hendak mengonsumsi camilan di malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti cracker tawar atau yoghurt.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Bahaya Tidur Terlalu Lama, Nomor 3 Kerap Dirasakan

2. Meluangkan waktu untuk relaksasi

Banyak metode relaksasi yang dapat kamu coba lakukan sebelum tidur, misalnya dengan menjalani yoga atau pilates. Aktivitas ini bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga kamu akan mudah terlelap.

Selain itu, ada beberapa aktivitas yang membuat tenang, misalnya membaca buku, mandi air hangat, serta mendengarkan musik melalui irama pelan dan juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak.

3. Kurangi konsumsi minuman berakohol dan berkafein

Hal ini bisa dilakukan jika kamu hendak mengatasi insomnia, sebab perlu untuk menghindari minuman berakohol, kopi, teh, dan minuman ringan mengandung kafein terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Jenis minuman tersebut bisa membuat kamu lebih terjaga, sehingga kamu kesulitan untuk tidur di malam hari. Lebih sehat, kamu sebaiknya mengganti minuman itu dengan susu ataupun air putih.

BACA JUGA:Gejala dan Cara Mengatasi Hipersomnia, Gangguan Tidur yang Perlu Kamu Hindari

4. Upayakan selalu berpikir positif

Seseorang yang cemas dan merasa khawatir terlalu berlebihan sangat mudah terjadi bagi mereka yang insomnia. Sehingga diperlukan untuk senantiasa berpikir positif, dengan begitu pikiranmu akan lebih merasa tenang.

Selain itu dengan berpikir positif bisa membuat tidurmu jadi lebih mudah. Sebagaimana stres atau depresi ini bisa memicu reaksi yang ada dalam tumbuh sehingga mempengaruhi kualitas tidur.

Saat kurang tidur nyenyak kamu akan merasakan kesulitan untuk keluar dari siklus stres yang berkepanjangan.

Selanjutnya jika masih merasa kesulitan, kamu dapat mengonsultasikannya ke psikolog atau psikiater dalam menjalani suatu konseling maupun psikoterapi.

BACA JUGA:Bikin Kamu Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak, Coba Lakukan Cara Ini

5. Antisipasi adanya perubahan jam tidur saat bepergian dan bekerja

Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia, dengan membuat jadwal tidur cadangan ketika sedang berpergian ataupun bekerja. Oleh karena itu, aturlah jadwal untuk kegiatan kamu sehari-hari dan usahakan agar tidur maupun bangun pada jam yang sama setiap hari.

6. Menciptakan kamar tidur yang nyaman

Tidak sedikit dari kita yang mengalami susah tidur yang disebabkan oleh suatu kegiatan bahkan melakukan berbagai aktivitas di kamar tidurnya.

Misalnya bekerja, bermain game, ataupun hal lainnya yang kamu lakukan di kamar. Padahal, umumnya tempat tidur hanya digunakan untuk tidur saja.

BACA JUGA:Kurangnya Waktu Tidur Hingga Terbiasa Merokok, Inilah 5 Kebiasaan Buruk Picu Penuaan Dini

Sehingga kamu diperlukan bisa menerapkan sleep hygiene untuk tidur lebih mudah. Caranya kamu bisa menempatkan meja belajar, komputer dan televisi di luar kamar tidur, mengatur suhu serta memberi penyesuaian cahaya yang ada di kamar sehingga dapat lebih nyaman untuk tidur.

Selain itu kamu dapat memilih bantal yang tak terlalu tinggi, sehingga tidak menyebabkan leher kaku saat bangun tidur. 

Mengatur posisi tidur juga sangat penting, apalagi jika kamu yang sedang hamil atau mengalami sakit punggung. Cobalah mengatur posisi tidur dengan menyamping sambil menempatkan bantal di antara kedua kaki atau di bawah lutut.

BACA JUGA:Selain Tidur, Kamu Perlu Lakukan 7 Istirahat Ini, Biar Makin Produktif dan Cegah Rasa Lelah

 

Nah, inilah kebiasaan yang perlu dilakukan biar bisa mencegah insomnia. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :