Bikin Tekanan Darah Naik, Ini 4 Efek Samping Makan Buncis Berlebih

Selasa 23-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:9 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Ramuan Herbal Penjaga Daya Tahan Tubuh

2. Masalah pencernaan 

Efek samping konsumsi buncis berlebih selanjutnya adalah menyebabkan masalah pencernaan, buncis memiliki kandungan serat yang bertugas melunakkan feses sehingga pencernaan lebih lancar.

Namun jika dikonsumsi secara berlebih maka pencernaan akan terlalu lancar sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti mencret atau diare.

Selain itu, buncis memiliki kandungan yang mengikat karbohidrat sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan masalah pencernaan tersebut.

BACA JUGA:6 Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mengatasi Gangguan Pencernaan

3. Kekurangan mineral 

Efek samping makan buncis berlebih berikutnya adalah kekurangan mineral. Hal tersebut karena buncis memiliki kandungan asam dan senyawa nabati yang membuat asupan mineral, zat besi, dan kalsium kesulitan diserap oleh tubuh.

Dengan begitu, tubuh dapat kekurangan asupan mineral sehingga mengakibatkan berbagai masalah kesehatan salah satunya dehidrasi.

Di sisi lain, tubuh membutuhkan asupan mineral setiap harinya. Namun dengan mengkonsumsi buncis berlebih tubuh akan kekurangan mineral.

BACA JUGA:Intip Ragam Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Jitu Menyembuhkan Batuk Pilek Salah Satunya

4. Interaksi obat 

Efek samping konsumsi buncis berlebih yang terakhir adalah interaksi obat. Hal ini dapat terjadi jika kamu seseorang yang harus mengkonsumsi obat pengencer darah secara rutin.

Diketahui bahwa buncis memiliki kandungan yang bertugas membekukan darah sehingga mengkonsumsi buncis untuk seseorang yang ruting makan obat pengencer darah berkemungkinan menyebabkan alergi atau reaksi obat

Demikian informasi mengenai efek samping konsumsi buncis berlebih, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :