Bikin Tekanan Darah Naik, Ini 4 Efek Samping Makan Buncis Berlebih

Selasa 23-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Pencinta buncis wajib tahu efek samping mengkonsumsinya berlebih, yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Buncis merupakan salah satu sayuran yang berasal dari Meksiko sebelum kemidian menyebar ke berbagai daerah. Sayur satu ini cukup populer di Indonesia, rasanya yang lezat ketika diolah menjadi salah satu alasannya.

Buncis dapat tumbuh subur di ataran tinggi atau sekitar 1000 hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:Tidak Hanya Kesehatan, Asparagus Juga Menyimpan Segudang Manfaat Untuk Kecantikan, Apa Saja?

Tidak hanya lezat, sayur ini juga menyimpan bergaman vitamin dan nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Mengkonsumsi buncis dapat mengatasi dan mencegah berbagai masalah kesehatan, namun jika dikonsumsi berlebih bunsic justru dapat membahayakan.

Seperti yang diketahui bahwa sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak kurnag baik, begitupun dengan mengkonsumsi buncis berlebih.

Salah satu efek samping konsumsi buncis berlebih adalah naiknya tekanan darah. Hal ini tentu saja berbahaya untuk kesehatan, karena darah tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam jiwa.

Tidka hanya itu, masih ada beberapa efek samping lain mengkonsumsi buncis berlebih, dilansir dari kompas.com, sebagai berikut:

BACA JUGA:Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Asparagus untuk Kesehatan, Kayu Nutrisi Baik untuk Otak

1. Tekanan darah naik 

Efek samping mengkonsumsi buncis berlebih yang pertama adalah membuat tekanan darah naik. Bagi kamu yang darah rendah mungkin hal ini sesuatu yang baik, namun tidak dengan pengidap darah tinggi.

Dikatakan bahwa buncis sebenarnya memiliki kandungan yang mampu mengontrol tekanan darah secara alami, namun di lain sisi jika dikonsumsi secara berlebih buncis dapat meningkatkan tekanan darah secara dratis.

Seseorang yang mengalami darah tinggi akan beresiko menglami masalah jantung, gagal ginjal, kerusakan paru-paru, bahkan stroek.

Oleh karenanya, sebaiknya mengkonsumsi buncis dalam jumlah yang cukup sehingga manfaatnya dapat diolah secara maksimal oleh tubuh.

Kategori :