Ini 6 Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Diobati, Bisa Sangat Fatal!

Selasa 23-07-2024,14:01 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Hal ini lantaran anemia menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk mengatasi kekurangan sel darah merah sehingga dapat menyebabkan detak jantung menjadi cepat atau tidak teratur (aritmia). 

BACA JUGA:Ampuh Cegah Anemia, Buah Bengkoang Tawarkan 9 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

Jika hal ini terus dibiarkan, maka kondisi ini dapat menyebabkan kamu mengalami pembesaran jantung atau gagal jantung. 

4. Depresi

Bahaya anemia yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan depresi lantaran anemia dapat menyebabkan kerusakan saraf seperti yang disebabkan oleh anemia pernisiosa. 

BACA JUGA:6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Daging Merah

Anemia jenis ini dapat mengakibatkan depresi jika tidak segera diobati. Bahkan anemia defisiensi zat besi dapat meningkatkan resiko depresi pasca melahirkan. 

5. Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Bahaya anemia selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pada tubuh kembang anak baik saat bayi, masa kanak-kanak, hingga remaja. 

BACA JUGA:5 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil, Mampu Mencegah Anemia

Hal ini lantaran anemia defisiensi zat besi yang parah dapat menyebabkan perkembangan anak melambat baik secara mental, kognitif, dan juga motorik mereka. 

6. Kematian

Bahaya anemia yang terakhir adalah dapat menyebabkan kematian. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki anemia genetik seperti anemia sel sabit karena kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi. 

Anemia akut yang terjadi akibat kehilangan banyak darah dengan cepat dapat berakibat fatal sehingga penting untuk mencegah anemia dan melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat. 

BACA JUGA:Perbanyak Konsumsi Zat Besi pada Masa Kehamilan, Ini 5 Cara Lain Cegah Anemia untuk Ibu Hamil

Demikian 6 bahaya anemia yang dapat mengintai tubuhmu. Untuk itu, pastikan untuk melakukan pengobatan yang depat sebelum penyakit ini semakin parah. Semoga bermanfaat!(*)

Kategori :