Kamu Punya Penyakit Anemia? Segera Atasi dengan 5 Cara Ini

Selasa 23-07-2024,15:14 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Jika kamu memiliki penyakit anemia, maka kamu perlu mencari cara mengobati penyakit anemia yang kamu derita sebelum kondisi tersebut menjadi semakin parah. 

BACA JUGA: 5 Cara Cegah Penyakit Anemia, Penuhi Nutrisi dan Lakukan Sebelum Terlambat!

Meski sangat disayangkan lantaran masih banyak yang menganggap jika penyakit anemia ini merupakan penyakit yang tidak begitu berbahaya sehingga tidak banyak yang berusaha untuk mengatasi penyakit ini. 

Padahal apabila tidak segera diobati dan dibiarkan berlarut-larut, anemia juga dapat menjadi penyakit berbahaya terutama jika sampai mengalami komplikasi. 

BACA JUGA:Ini 6 Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Diobati, Bisa Sangat Fatal!

Penyakit anemia ini sendiri dapat dialami oleh berbagai kalangan, terutama pada kaum perempuan yang tengah mengalami menstruasi karena mereka kehilangan darah dalam prosesnya. 

Anemia atau dikenal juga dengan sebutan kurang darah merupakan kondisi terjadi saat jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh lebih rendah dari normal.

BACA JUGA: Sering Pusing Saat Berdiri Tiba-tiba? Bisa Jadi Tanda Anemia, Cek Gejala Lainnya

Anemia sendiri merupakan gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau tidak bisa berfungsi dengan baik, padahal sel darah merah ini sangat penting untuk tubuh. 

Sel darah merah yang ada di dalam tubuh ini memiliki kandungan protein yang mengandung zat besi yang disebut sebagai hemoglobin. Zat ini berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

BACA JUGA:Banyak Dialami Perempuan, Ini 6 Penyebab Anemia yang Perlu Kamu Ketahui

Pada mereka yang memiliki kondisi anemia ini, jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang ada di dalam tubuh mereka berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik dan membuat penderita menjadi lemas dan pucat.

Biasanya anemia akan menunjukkan gejala seperti mudah lelah atau lemah, sesak napas, dan juga pusing. Namun kondisi ini dapat bertambah buruk dan berujung pada masalah yang semakin serius jika tidak segera diobati.

BACA JUGA:5 Manfaat Buncis untuk Bayi, Jaga Kesehatan Tulang hingga Turunkan Resiko Anemia

Untuk itu, kamu perlu melakukan pengobatan sebelum kondisi ini menjadi semakin buruk dan mempengaruhi kesehatanmu. 

Kategori :