Hati-hati! 5 Efek Samping Ini Siap Intai Tubuhmu Jika Konsumsi Buah Pisang Berlebih, Apa Saja?

Minggu 28-07-2024,19:52 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

3. Gula Darah Naik


--(Sumber : iStockPhoto)

Selain menambah berat badan, mengonsumsi buah pisang berlebihdan juga dapat membuat gula darah di dalam tubuh meningkat terutama pada penderita diabetes. 

Hal ini lantaran buah pisang yang terlalu matang mengandung indeks glikemik (GI) sedang dengan nagka mencapai 62 sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat gula darah melonjak. 

BACA JUGA:Pemkab Seluma Gandeng Dikbud Menggelar Pentas Seni dan Budaya di TMII

BACA JUGA:Wisata Kota Tuo Kini Bak Hidup Segan Mati Tak Mau, Bangunan Nyaris Ambruk

4. Gigi Rusak 

Mengonsumsi buah pisang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi karena buah ini merupakan buah dengan cita rasa manis dan mengandung gula cukup tinggi. 

Oleh sebab itu, seperti makanan manis lainnya, buah yang satu ini juga dapat berpotensi merusak gigi jika dikonsumsi terlalu banyak. 

Bahkan buah pisang ini jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat lebih merusak gigi dibandingkan dengan cokelat dan permen karet sehingga pastikan untuk tidak mengonsumsi buah ini terlalu banyak. 

BACA JUGA:Parents, Gunakan 5 Cara Ini Untuk Cegah Anak Kecanduan Game Online, Nomor 5 Paling Penting

BACA JUGA:Ketahui 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Utama Obesitas, Hindari dan Jangan Lakukan Lagi

5. Sebabkan Sembelit


--(Sumber : iStockPhoto)

Buah pisang sejatinya bisa menjaga kesehatan cerna, namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat memicu masalah pencernaan seperti sembelit.

Hal ini lantaran buah pisang mengandung banyak serat, buah ini juga mengandung banyak asam tanat yang tidak berefek negatif apabila dikonsumsi dalam dosis yang sedikit. 

Kategori :