Ini Perkembangan Perobohan View Tower Usai Pelaksanaan Tabut 2024

Sabtu 03-08-2024,16:18 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Rencana perobohan bangunan View Tower yang ada di kawasan Lapangan Merdeka Kota Bengkulu atau berada di tengah-tengah pelaksanaan Tabut 2024 kemarin masih terus berlanjut.

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Bengkulu, RA. Denny menyampaikan, perkembangan tindak lanjut perobohan bangunan view tower yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Isak Tangis Iringi Proses Pemakaman Bripda Sony Bintang Alfalah yang Gugur Saat Bertugas

''Nanti kita akan adakan FGD dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat dan sebagainya untuk mengkaji tentang kelayakan, apakah ini tetap kita pertahankan sebagaimana kondisi sekarang atau kita mau buat apa. Yang pentingnya kita mencoba membuat sesuai dengan keselamatan warga, jangan sampai adanya tower itu menimbulkan musibah dan puingnya menimpa masyarakat yang ada di kawasan itu,'' kata RA. Denny.

BACA JUGA:Ini 3 Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Terpilih yang Mengumumkan Maju Pilkada 2024

Lebih lanjut, RA Denny mengatakan, jika hasil dari FGD menyatakan bangunan view tower untuk dibongkar atau sebaliknya diteruskan, maka pihak Pemprov Bengkulu akan mengambil keputusan tindaklanjutnya.

''FGD-nya kita masih menunggu hasil dari PU untuk mengkaji tentang kelayakan itu, nanti dikembalikan ke aset baru kita lakukan rapat FGD tersebut. Kita akan lakukan FGD secepat mungkin ketika hasil dari kajian PU itu selesai, karena mereka juga melibatkan pihak ketiga,'' imbuhnya.

BACA JUGA:45 Nama Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Terpilih Periode 2024-2029 Belum Diserahkan, Ini Penjelasan KPU

Sementara jika nantinya keputusan yang diambil untuk dilakukan perobohan, kemungkinan akan dilakukan pada tahun 2025 mendatang.

Hal ini dilakukan karena perlu dilakukan penganggaran terlebih dahulu untuk upaya perobohan yang dilakukan.

Penganggaran tersebut dibutuhkan karena kegiatan perobohan itu tidak bisa sembarang dilakukan, karena kondisi di bawah tower tersebut ada bangunan dan ruangan-ruangan.

BACA JUGA:Kanwil DJP: Pemimpin Bengkulu ke Depan Harus Jeli Melihat Potensi Ekonomi Karbon

Jika dirobohkan langsung ditakutkan akan ikut roboh bangunan yang ada di bawah, jadi pembongkaran dimulai dari atas dan berangsur sampai ke bawah. 

''Itu yang mungkin perlu penganggaran yang cukup untuk itu (perobohan, red). Namun kita menunggu hasil FGD dan kesimpulan dari nasib bangunan view tower,'' sampai RA. Denny.

(Ilham)

Kategori :