5.030 Pemilih Pemula di Kota Bengkulu Lakukan Perekaman e-KTP

Jumat 09-08-2024,14:57 WIB
Reporter : Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Sebanyak 5.030 warga Kota Bengkulu yang terdaftar sebagai pemilih pemula, saat ini telah melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dalam rangka mempercepat proses rekam e-KTP terhadap para pemilih pemula ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bengkulu juga menggandeng sekolah, sehingga diharapkan bisa maksimal menyelesaikan proses pembuatan data kependudukan tersebut.

BACA JUGA:3 Dampak Negatif Mengonsumsi Kelengkeng Terlalu Banyak, Salah Satunya Memicu Tingginya Kadar Gula

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Widodo mengatakan bahwa salah satu yang dilakukan saat ini untuk mempercepat proses perekaman, pihaknya telah melakukan program jemput bola ke sekolah-sekolah.

BACA JUGA:Calon DPRD Terpilih Ditetapkan Tersangka, Proses Pelantikan Ditunda

Sementara itu, percepatan perekeman e-KTP ini sebagai langkah tepat dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2024 mendatang. Dimana masyarakat yang sudah berumur 17 tahun ke atas bisa dan berhak menyalurkan hak suaranya.

"Kami jalin kerjasama dengan pihak sekolah dalam melakukan perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, perekaman tidak hanya dilakukan untuk anak usia 17 tahun tetapi juga usia 16 tahun namun memasuki 17 tahun," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo, Jum'at 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Program Pekan Imunisasi Nasional di Kaur Capai 99,87 Persen

Dalam upaya percepatan proses rekam e-KTP tersebut, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu memastikan ketersediaan blanko aman, sehingga tidak akan kekurangan saat masyarakat melakukan proses perekaman.

"Alhamdulillah, untuk pelaksanaan Pilkada terkait dengan ribbon dan blangko semuanya dinyatakan cukup," tambahnya.

BACA JUGA:3 Bandar Narkoba Dibekuk Bersamaan di Kampung Bahari Kota Bengkulu

Dukcapil Kota Bengkulu juga terus mendorong penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD), apalagi IKD ini sangat diminati kalangan remaja termasuk pemilih pemula. 

"Kami juga mendorong dan menggalakkan Penggunaan IKD dikalangan remaja," sambungnya.

Kategori :